Promosikan Olahan Buah Durian Khas Pamekasan, Pemkab Gelar Festival Durian

PAMEKASAN,KANALINDONESIA.COM: Promosikan olahan durian dan produk UKM, Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelar acara Festival Durian di Kantor Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan, Jalan Jokotole Pamekasan.

Di dalam acara promosi olahan durian dan produk UKM di Kabupaten Pamekasan tersebut, terdapat macam-macam olahan dari bahan buah durian.

Beragam olahan durian itu diantaranaya, Ada dodol, kulak, juga kue yang semuanya berbahan dasar buah durian. Kegiatan ini dilaksanakan, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Pamekasan.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMK Kabupaten Pamekasan Drs. AM Yulianto, durian kasur dan mentega merupakan durian khas Pamekasan dan sangat diminati para penggemar buah yang berduri tersebut.

“Dengan daging yang tebal dan biji yang kecil, durian kasur memang sangat diminati. Sedangkan durian mentega dengan warna kuning mentega membuat orang ingin mencobanya,” tutur Jhon, sapaan Yulianto.
Yulianto menuturkan, durian kasur yang mempunyai daging yang tebal dan legit dengan biji yang kecil, merupakan durian khas dari Kecamatan Pegantenan. Durian ini, memang susah didapat karena sebelum musim sudah banyak pesanan dari para penikmatxa.

“Jadi apabila ingin makan durian ini jauh-jauh hari kita sudah harus memesan kepada para petani durian di daerah pegunungan, tepatnya di Kecamatan Pagentenan. Tetapi perjuangan memburu durian kasur ini, akan impas setelah kita merasakan manis dan nikmatnya durian yang berjuluk Si Kasur itu,” tuturnya.

Untuk durian mentega yang isinya berwarna kuning mentega menggoda ini lebih banyak yang menjual. Tinggal mencari di Kota Pamekasan atau langsung ke daerah penghasilnya yakni Pegantenan.(IFA/NANG).

WELAS ARSO