Salah satu RPH yang berada di Desa Pijeran, Kecamatan Siman

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Untuk menghindari timbulnya kerumunan dimasa PPKM Darurat dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban pada perayaan Idul Adha  tahun 2021 ini masyarakat bisa memanfaatkan rumah pemotongan hewan (RPH) baik yang telah disediakan oleh Pemkab Ponorogo maupun milik swasta.

Diketahui pemerintah menghimbau agar masyarakat mematuhi dan menrapkan protokol kesehatan baik saat penyembelihan ternak maupun saat pembagian daging qurban.

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kasi Keswan dan Kesmavet) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Ponorogo drh. Wikan Dediastuti mengatakan salah satu solusi mencegah terjadinya kerumunan adalah dengan memanfaatkan rumah pemotongan hewan (RPH).

Pemkab Ponorogo dalam hal ini Dinas Pertahanan telah membantu menyiapkan RPH yang berada di Jl. Sumatra untuk mendukung Idul Adha tahun ini. RPH tersebut sudah lama tidak dioperasikan karena tidak memenuhi syarat, namun sejak tahun kemaren sengaja dibuka khusus untuk melayani penyembelihan hewan qurban di masa pandemi. Karena itu sebelum dipakai lagi pada Idul Adha tahun ini RPH tersebut telah dibersihkan dan dipersiapkan oleh petugas.

“Segala persiapan telah dilakukan, sehingga RPH sudah siap dipakai,” ungkapnya.

Wikan menjelaskan dengan dilakukan penyembelihan di RPH maka bisa mencegah terjadinya kerumunan warga. Karena hanya petugas penyembelihan saja yang ada di lokasi. Pada bagian lain Pemkab Ponorogo tidak menarik biaya sewa untuk penggunaan RPH tersebut selama idul Adha ini. Namun begitu warga diminta membawa petugas penyembelihan atau jagal sendiri ketika akan menggunakan RPH.

Ia juga menambahkan sampai hari ini sudah ada warga yang berminat menyewa RPH untuk penyembelihan hewan qurban. Total sudah 4 ekor sapi yang didaftarkan untuk disembelih di RPH tersebut pada hari pertama.

Dalam satu hari diperkirakan bisa dilakukan penyembelihan hingga 15 ekor sapi di RPH Jl,Sumatra ini.

“Sudah ada yang mendaftar untuk menyewa RPH, dan kita masih memberikan kesempatan untuk yang lainnya,” imbuhnya.

Selain RPH milik Pemkab ada RPH lain milik perusahaan swasta atau mungkin perseorangan diantaranya RPH yang berada di Desa Pijeran, Kecamatan Siman yang bisa disewa warga Ponorogo dalam penyembelihan hewan qurban.

Untuk penyembelihan yang dilakukan sendiri oleh panitia qurban di luar RPH tidak lupa dihimbau selalu menjaga protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, menjauhi kerumunan.

“Prokes jangan sampai dilupakan dalam Idul Adha ini, karena kita masih dimasa pandemic,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here