Selain Ilmu Agama, Menpora Dorong Pesantren Galakkan Pramuka dan Lahirkan Atlet Berprestasi

KANALINDONESIA.COM : Menpora Imam Nahrawi sangat berharap Pondok Pesantren dapat menggalakkan kegiatan pramuka dan melahirkan atlet-atlet berprestasi yang akan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Harapan itu disampaikan Menpora Imam Nahrawi saat membuka Lomba Kepramukaan Penggalang dan Penegak Tahun 2016 Tingkat Nasional di Halaman Kompleks Pondok Pesantren Al Amien Prenduan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (25/10/2016).

Menpora menyampaikan bahwa pertama kalinya berkunjung dan bersilaturahmi ke Ponpes Al Amien Sumenep.

“Saya senang dan bangga menatap wajah-wajah generasi penerus yang akan meneruskan cita-cita bangsa, saya merasakan menjadi santri ada keberkahan dan keistimewaan luar biasa, kedepan Ponpes kita dorong agar menggalakkan pramuka dan ilmu agama selain itu juga kita galakkan agar Ponpes menjadi tempat lahirnya atlet-atlet hebat berprestasi untuk Indonesia,” harap Menpora didampingi Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien Ahmad Fauzi Tidjani dan Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi.

Menpora mencontohkan peraih medali emas Bulutangkis pada Olimpiade 2016, Tontowi Ahmad adalah juga alumni pondok pesantren.

“Owi fasih membaca Alquran juga memiliki prestasi di bidang olahraga untuk mengharumkan negara dan bangsa, saya berharap Al Amien bisa mendorong lahirnya atlet berprestasi,” ujarnya di acara Kesyukuran 64 Tahun Pondok Pesantren Al Amien yang berdiri sejak 1952 ini.

Menurutnya, santri harus siap siaga sewaktu waktu saat umat membutuhkan kapanpun dimanapun menjadi pramuka harus bisa semua hal di masyarakat, manfaatkan waktu yang baik ini untuk menggali ilmu sebanyak mungkin jangan pernah lupa mendoakan orang tua, guru dan para kyai.

“Selamat dan sukses semoga berkah dan kesyukuran 64 Ponpes Al Amien Prenduan Sumenep ini membawa hikmah dan motivasi bagi santri, terkait atlet dari pesantren tinggal sedikit dilatih akan menjadi atlet yang tangguh karena dengan ketertiban, ketaatannya. Kedepan pesantren harus fokus cabang olahraga tertentu yang bisa menjadi rujukan nasional, semua sudah ada tinggal digembleng dengan pelatih dan dukungan pemerintah untuk dibawa ke jenjang yang lebih tinggi,” tambahnya.
 
Sebelumnya, Pengasuh Ponpes Al Amien Ahmad Fauzi Tidjani menyampaikan bahwa kesempatan ini berharga dan barokah karena sedang dalam suasana Haul dan kesyukuran mengingat alumni yang menjadi pemangku kebijakan di daerah dan dunia.
“64 tahun bukan waktu yang sebentar, perjuangan terus kita perjuangkan melalui alumni dan penduduk semua dengan gerakan dakwah moral dan moril ini semua tidak mudah sebagai wujud syukur mari kita bacakan alfatihah semoga generasi sekarang menjadi penerus yabg baik,” ucap Ahmad.
 
“Terimakasih atas kedatangan Bapak Menpora Imam Nahrawi mudah- mudahan mewakili kita semua beliau mengemban amanah yang luar biasa ini dengan iringan doa insyaallah Allah menjaga beliau,” tuturnya.
 
Sementara Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi mengatakan, semoga dengan kegiatan lomba pramuka ini, pramuka tetap di hati. Pramuka adalah penting dan harus ada di tengah kita, kemajuan pramuka di Sumenep luar biasa meski ada kekurangan disana- sini.
“Saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Sumenep kepada Bapak Menpora, ini adalah sesuatu luar biasa dan merupakan bentuk rasa cinta beliau kepada pulau Madura,” ujar Wakil Bupati.(ZAL)
Baca:  Hari Pertama Masuk, Bupati Jombang Sidak Sekolah