Didukung Destinasi Wisata Rumah Durian, River Tubing Watu Lawang Diresmikan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Pemkab Trenggalek, Jawa Timur mengembangkan destinasi wisata “River Tubing Watu Lawang” yang berlokasi di Dusun Durensari Desa Sawahan Kecamatan Watulimo.

Pengembangan lokasi yang menonjolkan wisata bermain di air yang alami ini dengan sarana pendukung yakni Rumah Durian.

Rumah Durian yang berdiri di depan pintu masuk kawasan wisata tersebut, difungsikan agar wisatawan bisa menikmati buah Durian, dikarenakan kawasan tersebut dikenal sebagai hutan durian terbesar di Asia.

Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak mengatakan Desa Sawahan memang telah dikenal di Indonesia , termasuk Pak Ripto penemu Durian dengan varietas Ripto yang kini durian itu menjadi kebanggaan bagi warga Trenggalek.

“Pak Ripto juga dari Desa Sawahan sini yang menjadikan perhatian dengan datangnya menteri pertanian ke kawasan ini,”ucapnya, Selasa, (29/1) di Trenggalek.

Emil menjelaskan kawasan hutan durian yang menjadi terbesar di Asia itu merupakan kawasan destinasi wisata yang baru sebagai pelengkap kawasan wisata di pantai Prigi , Cengkrong dengan hutan mangrovenya,gua lawa dan Banyu Nget.

“Ini merupakan kreasi masyarakat yang mampu memanfaatkan potensi kampungnya. Dan lokasinya cukup menarik serta suasananya sejuk, cocok untuk liburan keluarga,”jelasnya.
Dia mengatakan, semua durian Trenggalek memiliki citarasa yang khas, yang tidak bisa dinikmati dari durian yang tumbuh di daerah lainnya.

“Trenggalek, memiliki banyak varian durian.Selain itu, durian Trenggalek memiliki kekhasan rasa tersendiri, ada yang kecil tapi rasanya sangat manis,” paparnya.
Bupati menjelaskan, di Rumah Durian ini dikhususkan untuk durian Trenggalek karena ingin memperkenalkan durian Trenggalek pada masyarakat. Namun bagaimana stok durian di Sawahan apabila tidak masuk masa musim panen.

“Durian di Trenggalek sebenarnya ada di sepanjang musim dan tidak hanya pada musim panen seperti saat ini saja. Mulai dari Oktober hingga Maret,” pungkasnya.(dik/ham)

WELAS ARSO