Nyaru Karyawan PLN, Tipu 378 Orang Raup Ratusan Juta

Kapolres Madiun AKBP Sumaryono didampingi Kasatreskrim Polres Madiun AKP Hanif (baju merah) saat menunjukkan barang bukti milik tersangka

KANALINDONESIA.COM :Polres Madiun mengamankan PY (45) warga Desa Panemon, Kecamatan Sugih Waras, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, lantaran telah menjadi otak serangkaian penipuan perekrutan pegawai PLN, selasa (25/10/2016).

Sekitar 378 orang telah menjadi korban PY, tersangka berpura pura menjadi pegawai PLN dan ditugaskan untuk merekrut pegawai baru.

Dalam aksinya pelaku menjanjikan kepada korban, bahwa dirinya bisa mengupayakan untuk menjadi pegawai baru PLN dengan sarat korban menyediakan sejumlah uang untuk memuluskan agar bisa diterima sebagai pegawai PLN.

Dari pengakuan tersangka saat diperiksa, penipuan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2013 silam.

Baca:  Pria di Trenggalek Embat HP Hingga Dibui

“Tersangka ini mengaku sebagai pegawai PLN dan bertugas sedang merekrut pegawai baru dan para korban tersebut diperdaya untuk membayar sejumlah uang agar bisa diterima jumlahnya juga bervariasi,” jelas AKBP Sumaryono, Selasa (25/10/2016).

Saat diperiksa ada sekitar 378 orang korban penipuan dari PY dan uang yang berhasil dikumpulkan dari serangkaian penipuan tersebut diperkirakan berjumlah Rp. 820.000.000.

“Tersangka berhasil diamankan dirumahnya di Kabupaten Bojonegoro dan keberanian tersangka penipuan dengan modus penerimaan pegawai PLN ini karena tersangka merupakan pegawai outsorcing di PLN,” pungkas Kapolres Madiun AKBP Sumaryono.

Tersangka mengaku jika uang hasil penipuan tersebut telah digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari hari.

“Uangnya saya gunakan untuk keperluan sehari hari mas,” ujar PY.

Baca:  Satu Positif Covid 19 Dinyatakan Sembuh

Akibat perbuatannya tersebut tersangka dikenakan pasal 378 dan 372 dengan ancaman hukuman selama 4 tahun penjara.(DAK)