Indonesia Bisa Besar dan Maju Bila Kembali Pada Nilai Luhur Bangsa

KANALINDONESIA.COM :Indonesia bisa besar dan maju apabila kembali kepada nilai-nilai luhur yang dimiliki bangsa ini. Nilai-nilai luhur itu adalah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kalau kita kembali pada nilai-nilai luhur itu, kita yakin Indonesia bisa besar dan maju. Begitu juga sebaliknya, Indonesia belum menjadi bangsa yang besar dan maju karena telah meninggalkan nilai-nilai luhur itu,” kata Ketua MPR Zulkifli Hasan ketika membuka kongres pemuda Indonesia bersama Jong Indonesia sekaligus sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung Nusantara III Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (26/10/2016). Kongres dan sosialisasi ini diikuti sekitar 300 pemuda pemudi perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Baca:  Warga Korban Banjir Berharap, Paslon Pilbup Jombang Bawa Program Penanganan Banjir

Menurut Zulkifli Hasan, sebuah bangsa bisa besar dan maju bila menguasai ilmu pengetahuan. Tetapi ilmu pengetahuan saja belum cukup perlu ada trust. “Tetapi Adam Smith mengatakan kemajuan bangsa terpulang pada budaya. Budaya adalah nilai-nilai,” katanya.

Zulkifli mengungkapkan selain memiliki sumber daya alam, keragaman, dan kekayaan lainnya, Indonesia juga memiliki nilai-nilai luhur. “Kita punya nilai-nilai luhur. Kita punya Pancasila, konstitusi, nilai-nilai luhur sejarah bangsa sendiri,” katanya.

“Nilai-nilai luhur yang diyakini membuat Indonesia akan menjadi besar dan maju. Dengan kata lain, kita tidak maju karena kita meninggalkan nilai-nilai luhur itu,” imbuhnya.

Sekarang, lanjut Zulkifli, Pancasila tidak lagi menjadi pandangan hidup. Pancasila terancam lumpuh. Sebagai bukti tumbuh subur radikalisme, intoleran. “Kita mesti merevitalisasi kembali nilai-nilai luhur itu. Dalam kongres ini, pemuda perlu membahas bagaimana mengembalikan nilai-nilai luhur bangsa itu menjadi perilaku,” pinta Zulkifli

Baca:  Pencabutan Baner Yang ada di Tanah Seluas 6700 m2 Oleh Oknum yang Tak Bertanggung jawab di Laporkan Ke Polisi

“Jadilah pemuda Pancasilais. Yaitu perilaku yang disinari cahaya ilahi, memanusiakan manusia, menjaga persatuan, musyawarah mufakat, dan mewujudkan keadilan sosial. Kalau kembali pada nilai-nilai luhur itu kita akan besar dan maju bersama-sama,” imbuhnya.