Imigrasi Madiun Deportasi TKA Asal RRC

KANALINDONESIA.COM : Seorang insinyur pertanian asal Republik Rakyat China (RRC) bernama Shen Xihong dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Rabu (26/10/2016) siang lalu.

Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Republik Rakyat Cina (RRC) ini dideportasi karena melanggar tindak pidana administrasi keimigrasian. Saat penangkapan ada 3 TKA asal RRC lain, langsung ikut dibawa ke kantor Imigrasi setempat.

Mereka beberapa hari lalu ditangkap pihak keimigrasian saat menggelar operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing, di Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi.

Keempatnya adalah pekerja asing dari PT Asia Agricultural Technology Transfer Center di Kabupaten Gresik, saat ditangkap tengah melakukan survei lapangan.

“Hasilnya, ada 4 orang TKA asal Tiongkok yang diperiksa. Dari hasil pemeriksaan, 3 di antaranya sudah memenuhi ijin keimigrasian. Sedangkan satu di antaranya ternyata hanya memiliki ijin kunjungan.  Satu ini hanya menggunakan  ijin kunjungan dan tengah melakukan permohonan ijin tinggal terbatas,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Sigit Rusdianto.

Baca:  Kesebelasan TSK Narkoba Keok Ditangan Polisi Polres Pamekasan

Menurutnya warga negara Tiongkok dideportasi hari ini,  kurang melengkapi persyaratan persyaratan telah ditentukan di dalam undang-undang imigrasi, menyangkut hal ijin tinggal.

Seharusnya, orang asing tersebut tidak boleh berada lokasi pekerjaan, tapi ditemukan tengah bekerja melakukan survei lokasi.

“Mungkin yang bersangkutan ingin mensurvei kondisi di lapangan, kurang puas kalau belum meninjau. Hal itu tidak boleh di lokasi,” tandasnya.

Setelah diperiksa, yang bersangkutan hari ini langsung dipulangkan dari Bandara Juanda Sidoarjo ke Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, selanjutnya penerbangan langsung ke Guangzhou, Cina.

“Sampai bulan ini (Oktober) TKA di deportasi sebanyak 6 orang, saat ini Kantor Imigrasi II Madiun, meliputi Kota dan Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi terdapat sekitar 700 Warga Negara Asing (WNA), mayoritas bekerja” jelasnya lagi.(AS)

Baca:  Hilang kendali dua warga sumenep jadi korban kecelakaan di nambakor.