INDRAMAYU (IndependensI.com) – Di tengah pandemi Covid-19, Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina Refinery Unit VI Balongan tetap menyalurkan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H. Jika sebelumnya hewan kurban diserahkan dalam keadaan telah disembelih, namun di Masa PPKM Darurat ini hewan kurban disalurkan kepada masyarakat dalam kondisi hidup.

Total hewan kurban yang disalurkan BDI Pertamina RU VI Balongan berjumlah 108 ekor, dengan rincian 18 ekor sapi dan 90 ekor kambing. Seluruh hewan kurban tersebut kemudian disalurkan kepada masyarakat di sekitar Kilang Balongan dan Perumahan Pertamina Bumi Patra di Kecamatan Balongan, Indramayu, Sindang, Juntinyuat, hingga Salamdarma melalui Masjid, Mushollah, maupun pondok Pesantren

Seluruh hewan kurban yang berasal dari Pekerja Pertamina RU VI dan keluarga tersebut telah disalurkan kepada masyarakat pada Senin (19/7). Penyaluran dilakukan dengan 2 tahap, tahap pertama untuk hewan kurban sapi diantarkan langsung ke Desa-Desa oleh pengurus BDI RU VI, sedangkan tahap kedua hewan kurban kambing diambil langsung oleh masyarakat pada penjual yang telah ditunjuk panitia.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina RU VI Balongan Cecep Supriyatna mengungkapkan, pada Idul Adha tahun ini perusahaan mengambil kebijakan untuk tidak mengadakan kegiatan malam takbiran, sholad Ied berjamaah, maupun penyembelihan hewan kurban di Masjid Sabilul Muttaqien Bumi Patra seperti biasanya.

Dijelaskan Cecep, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya menyebaran Covid-19 yang saat ini masih sangat tinggi di wilayah Indramayu sekitarnya.

“Kami tetap mematuhi PPKM yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga meniadakan kegiatan penyembelihan di Masjid seperti yang biasa kami lakukan sebelum pandemi covid dan khawatir terjadinya kerumunan yang melanggar prokes. Kami mengantisipasi terjadinya cluster baru, terang Cecep.

Cecep berharap melalui kegiatan berbagi hewan kurban ini kehadiran Pertamina RU VI Balongan bisa memberikan manfaat dan kebahagiaan untuk masyarakat Indramayu di tengah Pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here