Program Kotaku, Mendapat Dukungan DPRD Trenggalek

Mugiyanto, Ketua Komisi II DPRD Kab. Trenggalek. (hamzah)

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Penanganan kumuh di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur,  tampaknya menjadi perhatian penuh buat seorang H Mugiyanto, anggota DPRD Kabupaten Trenggalek.

Dia, yang juga Ketua Komisi II Bidang anggaran ini mengaku konsisten mendukung Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sejak awal.

“Sejak dicanangkannya Program Kotaku pada 2015. Dalam setiap kesempatan pertemuan rutin di reses atau penjaringan aspirasi dari masyarakat,”katanya, Minggu,(3/3).

Sosok Ketua Partai Demokrat ini pun ikut menelurkan Peraturan Daerah yang akan menunjang  Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.

“Kita masih akan telorkan regulasi baru,”imbuhnya.

Pria yang acap disapa sebagai Kang Obeng ini pun masih aktif hingga sekarang di Forum peduli lingkungan yang mendukung kegiatan berbasis masyarakat.

“Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Trenggalek tetap kita dorong untk  berorientasi pada percepatan penanganan kumuh di lokasi peningkatan maupun pencegahan,”tegasnya.

Kang obeng meyakini, program pemerintah—termasuk Program Kotaku—adalah upaya nyata dengan tujuan baik yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Di saat yang sama, alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Trenggalek  untuk program pemberdayaan pun menurun. Akibatnya, Mugiyanto menegaskan, Program Kotaku yang berbasis masyarakat perlu didukung penuh: kolaborasi berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan provinsi.

“Harus kita dorong lebih serius tak hanya pavingisasi saja,”tandasnya.

Mugiyanto berjanji membantu menciptakan terobosan kebijakan-kebijakan yang mendukung Program Kotaku.(ham)

WELAS ARSO