Dinas Pariwisata Trenggalek Dorong Penyediaan Fasilitas di Wisata Tebing Lingga

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Trenggalek merupakan daerah di Jawa Timur yang dikelilingi gunung dan perbukitan, namun di balik itu ternyata menyimpan berbagai spot menarik untuk kunjungi sekedar untuk menghilangkan stres atau mengisi hari libur. Salah satunya adalah Wisata Tebing Lingga (WTL) yang berada di kaki tebing batu setinggi 300 meter.

Wisata Tebing Lingga berada sekitar 20 Kilometer dari pusat Kota Trenggalek, yang dapat ditempuh dengan mudah oleh mobil maupun sepeda motor. Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata pengunjung akan menikmati jalan berliku serta alam perbukitan yang menarik.

Begitu sampai di kawasan Tebing Lingga, sebuah tebing batu setinggi 300 meter akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Suasana alam pedesaan yang berbalut nyanyian alam seolah menyihir wisatawan. Kondisi alam yang bersih dan jauh dari polusi merupakan idaman bagi setiap orang.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, mengatakan di lokasi tersebut pihak pengelola menawarkan berbagai fasilitas untuk menikmati pesona Tebing Lingga. Mulai dari gardu pandang, sungai yang bisa untuk bermain, taman bermain anak, hingga wahana pemacu adrenalin berupa flying fox.

“Kami ingin pengunjung itu menikmati alam sekaligus menambah wawasan, makanya di sini kami juga kami sediakan perpustakaan dengan berbagai buku bacaan. Jadi sambil bersantai pengunjung juga bisa menambah asupan nutrisi otak, rekreasi dan berliterasi,” kata Sunyoto,Selasa (5/3).

Sementara, ada aliran sungai yang membentang di bawah Tebing Lingga menjadi salah satu spot yang banyak dimanfaatkan oleh anak-anak maupun keluarga untuk bermain. Keberadaan sungai tersebut tentu mengingatkan hiburan masa kecil generasi sebelum 2000-an.

“Khusus untuk spot di sungai bisa dinikmati saat tidak turun hujan, karena kalau hujan, airnya deras. Sekarang yang ramai adalah flying fox, panjang lintasannya lebih dari 100 meter,” terangnya.

Sunyoto berjanji akan terus membantu destinasi ini melalui inovasi agar bisa memanjakan para pengunjung yang datang.

“Peningkatan fasilitas yang berdekatan dengan alam akan diupayakan, sehingga wisatawan tidak merasa cepat bosan saat datang ke Tebing Lingga,”pungkasnya.(dik/ham)

WELAS ARSO