MadingSekolah.id Ajak Pelajar Tingkatkan Literasi Digital

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Cameo Project bekerjasama dengan Maarif Institute, Live Frankie, Peace Generation dan Yayasan Ruang Guru serta disupport Google.org menggelar acara bagi siswa untuk berkreasi secara digital melalui wadah Madingsekolah.id, Creator Muda Academy dan Yuk Cerdas Berinternet.

Martin selaku Ketua Cameo Projects mengatakan, mengusung tema Create Different Create Better, event ini dapat memacu adrenalin semangat para siswa untuk berkreasi secara digital dengan menampilkan hal yang berbeda.

“Para siswa ini tidak hanya sebagai follower, tetapi bisa menjadi leader yang nantinya akan menjadi modal untuk bisa terjun ke dunia kerja dan bisnis,” ujar Martin kepada Kanalindonesia.com di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Ia menjelaskan, generasi pelajar SMU merupakan target sasaran dari kegiatan yang nantinya akan beradu secara kompetitif dan dipersiapkan secara strategis untuk menjadi bagian dari kompetisi dunia teknologi dan bisnis.

“Para pelajar ini diharapkan bisa menjadi Creator-creator Muda yang bisa memaksimalkan kemampuan diri dalam konteks yang positif,” kata Martin.

Ia memaparkan wadah Madingsekolah.id adalah bagian dari projects INSPIRE (Indonesia Spirit Rejuvenation) yang disokong Google.org. Projects ini untuk meningkatkan literasi digital dan membangun ketahanan para siswa terhadap segala hal negatif di internet dan sekaligus mempromosikan nilai-nilai toleransi.

“Madingsekolah.id akan menjadi sebuah portal komunikasi para pelajar sekolah menengah dalam format digital yang bukan hanya menjangkau satu area melainkan seluruh Nusantara bahkan di dunia internasional. Fitur dan format Madingsekolah.id dibuat sangat friendly mudah digunakan sehingga menarik para pelajar,” ungkap Martin.

Ia menambahkan format berikutnya adalah Creator Muda Academy dibentuk sebagai wadah pelatihan multimedia dan jurnalisme yang akan melaksanakan kampanye dalam bentuk roadshow di 10 kota di Indonesia.

Sepuluh kota tersebut adalah Jakarta, Yogyakarta, Malang, Semarang, Manado, Makassar, Pontianak, Padang, Mataram dan Bandung.

“Tujuan dari Creator Muda Academy ini agar para pelajar dapat mempersiapkan diri untuk bersaing secara kompetitif dengan kreatif, inovatif, cerdas dan mengadaptasi penggunaan teknologi secara maksimal,” jelas Martin.

Program berikutnya, kata Martin, adalah Yuk Cerdas Berinternet yang mengarahkan para pelajar dan guru untuk cerdas dalam penggunaan teknologi sebagai bagian dari kemajuan era digital yang mengarahkan guru-guru SMP dan SMU dalam membangun critical thinking, etika berinternet dan perilaku online yang positif melalui online kurikulum yang menarik, inovatif dan positif sehingga mereka memiliki kemampuan literasi digital yang kuat.

“Mekanisme registrasi untuk Madingsekolah.id adalah dengan mendaftarkan sekolah pada Madingsekolah.id lalu membuat kreasi yang paling unik dan kreatif dan share ke media sosial. Satu pemenang terbaik akan mendapatkan grand prize utama jalan-jalab ke Google Singapura,” tutur Martin. @Rudi