Henry Perjuangkan Nasib Petani Tembakau Boyolali

Boyolali – KANALINDONESIA.COM
Kalangan petani di kawasan lereng Gunung Merapi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, kecewa karena harga tembakau semakin anjlok, tidak  sesuai dengan apa yang diharapkan.
Ratusan petani tembakau di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.Petani merasa dipermainkan dengan pihak suplier. Seperti halnya yang dialami petani di Dusun Surjo, Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo,Boyolali.

Jono (53) salah satu petani Cepogo mengatakan, harga tembakau tertinggi tahun ini untuk grade G dan F hanya dihargai Rp175.000 per kilogram, padahal tahun lalu untuk grade yang sama mencapai Rp300.000 per kilogram.

Menurut dia, pada awal panen tahun ini harga agak bagus dan petani merasa bangga, tetapi di masa akhir panen justru harga anjlok. Tembakau grade D yang semula Rp80.000 per kilogram hanya dihargai Rp40.000 hingga Rp50.000 per kilogram.

“Kami berharap kalau pabrikan masih membutuhkan kualitas tembakau dari kami tolong hargai pula hasil kami dengan harga yang layak,” katanya.

Ia menuturkan pada masa akhir panen memang tidak ada tembakau di tingkat petani, tetapi mereka juga belum menerima uang karena harus menunggu tembakau yang dibawa para pengumpul laku dibeli pabrikan.

Keluhan tersebut disampaikan kepada Calon Legeslatif Partai Perindo Henry Indraguna (HI) saat menggelar sosialisasi dirumah salah satu warga di Dukuh Surjo.Senin (11/3).

Ia berharap kepada Calon Legislatif dari Partai Perindo, Henry Indraguna bisa memfasilitasi antara pihak petani dengan pabrik rokok untuk bisa menghargai produk petani dengan harga yang layak agar petani lebih sejahtera.

Mendengar keluh kesah tersebut, Henry Indraguna merasa iba dan siap memperjuangkan kesejahteraan para petani di Desa ini.
Sementara,Caleg Perindo Henry Indraguna mengatakan seharusnya pemerintah daerah harus hadir dan memberikan solusi terbaik,agar permasalahan petani di daerah ini segera mendapatkan solusi.” Kasihan para petani bersusah payah menanam, memelihara, justru pada saat panen mereka dipermainkan soal harga jual yang anjlok”,kata HI dihadapan ratusan warga yang siap mendukung dirinya sebagai Caleg DPR-RI Dapil V, Jawa Tengah ini.
Menurutnya, persoalan tersebut dapat diatasi setela dirinya terpilih menjadi wakil rakyat dan akan kembali di Desa ini untuk menyelesaikan masalah petani tembako di Cepogo ini.
“Setelah saya terpilih nanti akan kembali kesini untuk menyelesaikan masalah petani tembakau yang perlu mendapatkan perhatian kusus”,ujarnya.( Mul )