Terima Remunerasi, Polisi di Lamongan Bedah Rumah Tak Layak Huni.

Aipda Purnomo bersama keluraga Joko warga Babat Lamongan

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Polisi yang satu ini, mungkin tak diragukan lagi kedekatannya dengan warga masyarakat. Selain sebagai anggota Bhabinkamtibmas, dia juga senang melakukan kegiatan sosial. Banyak kegiatannya yang langsung dirasakan oleh warga, mulai dari perhatiannya terhadap anak yatim piatu, penyandang disabilitas bahkan keluarga tidak mampu.

Seperti kali ini, Aipda Purnomo anggota Bhabinkamtibmas Polsek Babat, Lamongan melakukan bedah rumah milik Joko (45) warga Tanggulrejo Kelurahan Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan yang sangat memprihatinkan. Rumah yang berukuran 3 x 4 meter tersebut sangat tidak layak kalau disebut sebagai tempat tinggal.

“Saya sering bertugas menyambangi rumah warga dan saya sangat prihatin melihat rumah Pak Joko. Dinding dan kayu banyak keropos dan atapnya rawan rontok,” kata Aipda Purnomo saat mendatangi rumah Joko.

Aipda Poernomo menambahkan bahwa dia akan memperbaiki rumah Joko salah satu warga Kampung Tanggulrejo, Kelurahan Babat, Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan yang terdampak banjir.

“Joko adalah seorang tukang becak, sehari-hari hidupnya sangat memprihatinkan. Selama 10 (sepuluh) tahun terakhir tinggal di rumah yang berukuran 3 meter kali 4 meter tanpa memiliki kamar mandi dan MCK. Dinding rumahnya terbuat dari kayu bekas, dan atapnya terbuat dari sisa spanduk atau banner, sedangkan lantai dari bambu,”tutur Aipda Poernomo. Kamis (14/03/2019).

Kondisi tersebut, lanjut Purnomo rumah tinggal seperti itu terpaksa harus dihuni bersama istri dan kelima anaknya. Semakin parahnya lagi saat hujan turun lebat, dengan letak rumah yang berdekatan dengan selokan. Sehingga menjadikan rumahnya kebanjiran.

“Beberapa hari belakangan adanya hujan dengan intensitas tinggi, menjadikan air Sungai Bengawan Solo naik, sehingga rumah Joko yang berdiri disampingnya selokan kemasukan air. Karena didominasi kayu bambu yang rapuh menjadikan rumahnya Joko miring hampir roboh menyentuh tanah,”terang Pak Pur yang juga mengungkapkan atas kondisi tersebut dirinya memperbaiki rumah tersebut dengan uang remunerasi dari kepolisian.

Proses perbaikan rumah milik Joko tersebut dilakukan bekerjasama dengan sejumlah warga yang tergabung dalam Yayasan Berkas Bersinar Abadi.

“Kami sangat berterima-kasih atas bantuan Pak Pur (Poernomo) dan teman-temanya” kata Joko mengharu.

Seperti diketahui Aipda Purnomo bersama sejumlah warga yang tergabung dalam Yayasan Berkas Bersinar Abadi sering kali melakukan kegiatan sosial di sekitar wilayah Kecamatan Babat.

Diantaranya membagikan nasi bungkus yang diberikan pada warga kurang mampu di sekitar Babat setiap hari Jum’at. Selain itu, juga membagikan amplop senyum yang berisikan sejumlah uang yang diberikan pada siswa yatim, piatu dan siswa dari keluarga kurang mampu. Amplop senyum tersebut juga dilakukan setiap hari Jum’at.

Jurnalis : omdik/ferry
Kabiro : ferry

WELAS ARSO