Jaga Lingkungan, Siswa MTs. Sunan Drajat Sugihwaras Bersihkan Sampah

Siswa MTs. Sunan Drajat Sugihwaras Kalitengah Lamongan, dengan semangat bersama sama membersihkan sampah yang berserakan. Foto : kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM: MTs. Sunan Drajat Sugihwaras, Kalitengah, Lamongan melatih siswa untuk menjaga lingkungan madrasah, dengan melakukan Kamis bersih. Beberapa guru dan siswa terlibat langsung dalam membersihkan lingkungan madrasah dari sampah yang dapat menganggu kesehatan dan keindahan.

Wakil Kepala Madrasah, Imam Sholikin mengatakan, kegiatan Kamis bersih merupakan program madrasah, yang dilakukan setiap minggu untuk menumbuhkan kesadaran kebersihan lingkungan pada warga madrasah. ” Guru dan siswa bergotong royong membersihkan sampah,” ujarnya, Kamis (14/3/2019).

Imam menyebutkan, kegiatan Kamis bersih dilakukan setengah jam sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan atau seuasai apel pagi, sehingga tidak menganggu pelajaran.

Siswa dilatih untuk disiplin menjaga lingkungan, dan dibiasakan hingga dewasa mendatang, supaya terbiasa memeliharan lingkungan sekitar dan tidak melakukan kegiatan negatif.  “Seperti membuang sampah sembarangan. Kegiatan ini juga melatih karakter siswa,” ungkapnya.

Dengan menjaga lingkungan, diharapkan madrasah menjadi ruang yang nyaman bagi siswa untuk mengikuti kegiatan belajar, dan tempat bermain ketika jam istirahat. “Jadi ketika berada di lingkungan madrasah, tidak lagi membosankan,” katanya.

Melalui kegiatan seperti ini, ia berharap dapat memberikan pendidikan baru di luar kelas dan menjadi ruang belajar siswa. ” Sehingga, belajar tidak harus di dalam kelas. Siswa dapat diajak meneliti tanaman disekitar,” katanya lagi.

Jurnalis : omdik/ferry
Kabiro : ferry

WELAS ARSO