Cuaca Pantura Lamongan Stabil, Produktivitas Ikan Laut Normal

Pedagang ikan di pesisir Pantura Lamongan mulai terlihat aktivitasnya seiring cuaca di Laut Jawa kembali normal. Foto; omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Cuaca di Kawasan Pantura Lamongan mulai stabil. Kondisi ini mendukung aktivitas melaut .  Sehingga produktivitas tangkapan ikan laut meningkat. Pihak Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong mencatat suplai ikan laut semakin normal. Yakni mencapai 100 ton per harinya.

“Memasuki pertengahan bulan ini, distribusi ikan laut cukup bagus,” tutur Kepala UPT PPN Brondong Dedy Sutisna kepada Kanalindonesia.com, kemarin (15/3/2018).

Dedy menilai ada peningkatan signifikan terhadap suplai ikan dibanding pada bulan Januari – Februari lalu, saat terjadi gelombang tinggi di Kawasan Pantura. Cuaca menjadi salah satu faktor penunjang produktivitas nelayan.

“Kalau sedang musim baratan seperti dua bulan lalu, ya kiriman ikan pasti sepi karena jarang nelayan yang melaut,” tukasnya.

Kini, lanjut dia, pihaknya masih konsentrasi membenahi kekurangan lokasi baru bakal Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong. Seperti yang pernah diberitakan, relokasi TPI Brondong ke PPDI (TPI baru) dijadwalkan bulan Mei mendatang, “Masih ada waktu dua bulan untuk melengkapinya,” ujar Dedy.

Pihaknya masih berkomunikasi dengan pedagang ikan. Sebab ada sejumlah kios yang belum bisa dipenuhi. Namun, Dedy memastikan lahan sudah disediakan oleh PPN Brondong. “Lahannya sudah kita siapkan, mereka tinggal menepatinya saja,” pungkasnya.

Jurnalis : omdik/ferry

Kabiro : ferry

pemimpin umum kanalindonesia.com, caleg provinsi no urut 2, dapil jatim 9, Partai Perindo
WELAS ARSO