Puluhan Kios di Pasar Legi Jombang, Terbakar

Kondisi kios pedagang di jalan seroja saat terbakar

JOMBANG,KANALINDONESIA.COM :Kebakaran di Pasar Legi, Jalan Seroja, Desa Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang Jawa Timur, pada Minggu (17/18/2019) malam, menghanguskan puluhan kios.

Beruntung insiden itu tidak menelan korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dari pantauan dilokasi, tepat lima menit setelah si jago merah melahap seisi kios yang berjajar dipinggir jalan sepanjang 50 meter ini, dua mobil Damkar dari PMK Jombang langsung tiba dan menyemprot air di sisi belakang kios yang berdekatan dengan perkampungan warga sekitar.

Namun, tampungan air dua mobil damkar ini belum bisa memadamkan seluruh kobaran api yang sudah melahap sisi tengah kios yang biasanya berjualan sayur-sayuran.

Menurut keterangan Anto (45), salah satu pedagang kios buah di area terjadinya kebakaran, menjelaskan, pihaknya baru saja menutup kiosnya, sekitar 30 menit.

“Api terbakar bermula di kios penjual arang dan kayu bakar di tengah-tangah kebakaran itu mas. Kondisi sewaktu kios disini jam segitu (23.45 WIB, Red) dalam keadaan sepi,” kata Anto.

Mengerti kejadian tersebut, para pedagang kios dan warga diarea situ secara langsung berbondong-bondong menyiram api itu. Namun, kegigihan warga serta pemilik kios untuk memadamkan tak kunjung berhasil, malah si jago merah bertambah besar dan membakar puluhan kios lainnya.

Menurut penjelasan Kapolsek Jombang Kota, AKP Suparno, diperkirakan kebakaran ini pada pukul 23.45 WIB, dan api berasal dari salah satu kios milik pedagang di area tersebut.

“Titik awal sumber api dari bidak (kios) Bapak Jadi yang berjualan arang sama barang-barang yang mudah terbakar,” ungkap AKP Suparno.

Dari keterangan saksi yang didapatnya baru ada 3 saksi. Sementara pihak kepolisian belum bisa memastikan secara pasti jumlah keseluhan kios yang terbakar pada malam itu.

“Diperkirakan ada 30 kios yang terbakar disini dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini karena hampir tutup semua kalau sudah sore. Tapi saat malam itu, untung masih ada warga yang bangun menonton sepakbola tadi,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Suparno, beruntung kobaran api tidak sampai di pemukiman warga. Pasalnya, dibelakang pasar yang terbakar tersebut, warga sudah siap siaga berupaya memadamkan api yang terus membesar tertiup angin di lokasi kejadian.

“Dibelakang pasar tadi (pemukiman) langsung di backup langsung oleh warga. Untung rekan-rekan PMK dalam waktu 5 menit sudah datang dan bisa melokalisir api sehingga tidak bisa kemana-mana,” terangnya.

Berselang satu jam lebih, api akhirnya bisa dipadamkan oleh tim PMK Jombang. Hingga saat ini, pihak kepolisian belum bisa dipastikan berapa total kerugian akibat kebakaran di Jalan Seroja ini.

“Dari anggota kita masih mengali lagi saksi-saksi dilokasi dan nanti akan mengidentifikasi total jumlah kerugiannya atas kebakaran tersebut,” pungkasnya. (BEN)