Plt Bupati Trenggalek Minta Satpol PP Damkar dan Linmas Cepat Bergerak untuk Layani Masyarakat

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) nya, Pemadam Kebakaran (Damkar),  Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpoll PP), Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, kidmat lakukan upacara bendera dan apel pagi yang dimpin langsung Plt Bupati H Moch Nur Arifin  bertempat di Alun-alun Kota Trenggalek, Senin, (18/3).

Dari informasi yang dihimpun, kegiatan upacara ini dalam rangka HUT ke 100 Damkar, HUT ke 69 Sat Pol PP dan HUT ke 57 Linmas. Walau tidak disertai atraksi apapun dari satuan pengman dan penegak Peraturan Daerah (Perda) ini, namun jalannya upacara ini dianggap beberapa kalangan telah mewakili keseriusan personil Damkar dan Satpol PP dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Dikatakan Plt Bupati Trenggalek, Moch Nur Arifin, di era  sekarang ini, dalam tugasnya Satpol PP tidak hanya penegakan peraturan daerah saja, namun bertanggung jawab di bidang perlindungan masyarakat dan penangan bencana kebakaran.

“Secara tupoksi tugas mereka sebagai pengaman perda, tapi ada fungsi lain yang juga diembannya , harus bergerak cepat bila ada masyarakat yang butuh aman, tertib dan nyaman di lingkungannya masing-masing,”katanya.

Arifin juga mengungkapkan, dalam gerak tugasnya, Satpoll PP juga harus memberi pelayanan cepat dan tepat atas ancaman, gangguan, halangan dan tantangan terkait ketentraman dan ketertiban umum.

“Contoh dalam kebencanaan , walau sudah ada instansi yang lain, anggota Satpol PP juga harus tercepat adal ikut membantu warga yang menjadi korban bencana,”ungkapnya.

Selain cepat dalam pelayanan,masih keterangan Arifin,  Satpoll PP juga harus mampu membuka ruang dialog dengan seluruh lapisan masyarakat serta selalu peka terhadap perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.

“Kalau anggota Sat Pol PP peka adanya gejala sosial, tentu dapat melakukan langkah antisipatif untuk menghindari konflik sosial,”terangnya.

Bahkan dengan dengan tantangan ke depan yang semakin kompleks, Sat Pol PP Kabupaten Trenggalek telah membentuk satu regu srikandi yang memiliki fungsi negosiator di lapangan dan ternyata mampu lebih berbuat di masyarakat.

“Jika perlu ke depan harus diperbanyak srikandi-srikandi Satpol PP, untuk tugas – tugas yang berhadapan dengan warga, sehingga harapannya dengan pendekatan yang lembut berbagai benturan dan konflik dapat dihindari,”tandasnya.(dik/ham)

pemimpin umum kanalindonesia.com, caleg provinsi no urut 2, dapil jatim 9, Partai Perindo
WELAS ARSO