OSS Diluncurkan Permudah Investasi di Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE), yang lebih mudah disebut dengan nama generik Sistem Online Single Submission (OSS) sedianya akan segera berlaku di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timmur.

Hal ini disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemkab Trenggalek, Ir. Agung Sudjatmiko saat membuka kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis PP 24 tentang OSS di Gedung Bhawarasa lantai 2, Selasa (19/3).

Dikatakan Agung Sudjatmiko, sistem OSS dibangun dalam rangka percepatan dan peningkatan penanaman modal dan berusaha, dengan cara menerapkan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

“Penerapan OSS ini akan mempermudah investasi,”katanya.

Pemerintah, ditambahkan Agung, mengatur antara lain tentang jenis, pemohon, dan penerbitan perizinan berusaha, pelaksanaan perizinan berusaha, reformasi perizinan berusaha per sektor, sistem OSS, lembaga OSS, pendanaan OSS,insentif atau disinsentif pelaksanaan perizinan berusaha melalui OSS,penyelesaian permasalahan dan hambatan usaha serta sanksi.

“Mau apa saja bisa dan mudah dengan aplikasi ini,”imbuhnya.

Agung Sudjatmiko, menjelaskan banyaknya investasi yang masuk sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya dengan perizinan yang mudah dan terukur.

“Tanpa investasi yang masuk, perekonomian Trenggalek tidak akan bisa berkembang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Agung menerangkan, OSS merupakan sistem pelayanan yang sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat untuk para pelaku usaha dipermudah karena sistemnya tunggal. Sehingga pelaku-pelaku usaha itu tidak perlu ribet bertatap muka dengan pemberi izin.

“Yang jelas pengusaha diberi kemudahan yang sangat luar biasa karena pengajuan perizinan usaha dilakukan secara online,”lanjutnya.

Kenapa diberi kemudahan, ditegaskannya, karena memang para pelaku usaha ini sangat dibutuhkan. Karena dengan kemudahan ini diharapkan para pelaku usaha dapat tumbuh berkembang sehingga dapat berdampak pada pertumbuhan perekonomian daerah.

“Harapan kita ada pertumbuhan tenaga kerja, dan perputaran keuangan di daerah,”tegasnya.

Dengan mudahnya izin usaha ini, Agung berharap adanya investasi usaha yang masuk di Kabupaten Trenggalek, sesuai dengan cita-cita Plt. Bupati Trenggalek yang menginginkan masuknya investasi di Kabupaten Trenggalek sebesar-besarnya.

“Kita harapkan dengan mendatangkan narasumber yang cukup kompeten ini kedepan ada pemahaman yang serius terhadap OSS ini karena di daerah OSS masih diperlukan pemahaman yang serius, pasalnya OPD-OPD yang ada masih berpegang pada peraturan Menteri yang menaungi,”pungkasnya.(dik/ham)

pemimpin umum kanalindonesia.com, caleg provinsi no urut 2, dapil jatim 9, Partai Perindo
WELAS ARSO