Realisasi Perbup , Pemkab Trenggalek Segera Cairkan TPP

Suhartoko, Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kab. Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur, rencananya akan segera bergulir.

Sementara dasar pencairan itu sendiri mengacu pada sosialisasi Peraturan Bupati nomor 61 tahun 2018 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang sedianya akan digulirkan bulan April mendatang.
Suhartoko, Sekretaris Badan Keuangan Darah (Bakeuda) Kabupaten Trenggalek, pihaknya mengaku kini telah diedarkan surat pemberitahuan kepada jajaran ASN di lingkup Pemkab Trenggalek termasuk sosialisasi kepada perwakilan OPD masing-masing.

“Kita telah membuat surat edaran kepada teman-teman, untuk segera mengajukan pencairan TPP ke badan keuangan selambat-lambatnya tanggal 25 Maret nanti,”ungkapnya, Kamis,(21/3) di Trenggalek.

Nantinya, Suhartoko melanjutkan, pasca diajukan akan segera diproses dan realisasikan di Bulan April mendatang untuk TPP bulan Januari dan Pebruari tahun 2019.

“Dua bulan di Januari dan Pebruari yang akan kita cairkan terlebih dahulu,”lanjutnya.
Terhadap kesiapan anggaran, pihaknya mengaku telah menyiapkan anggaran untuk TPP ini di tahun 2019 ini, sehingga realisasi TPP bagi ASN sudah tidak menjadi kendala lagi.

“Jika tidak ada halangan, sesuai jadwal akan dicairkan,”tukasnya.

Lebih lanjut Suhartoko menambahkan, untuk bulan Maret dan seterusnya mekanismenya akan diajukan setiap bulannya.

“Jika nanti sudah berjalan , maka bulan berikutnya menyesuaikan,imbuhnya.
Untuk itu Suhartoko berharap , agar lancar dan tak terkendala, masing-masing OPD telah mengajukan pada bulan sebelumnya sehingga prosesnya tidak menunggu pengajuan .

“Prosesnya sebenarnya cepat, tetap karena harus di cek ulang maka semua ya harus memaklumi,”harapnya.

Sedangkan untuk TPP sendiri , sesuai amanat perbup agar kinerja ASN semaikn meningkat dan meminimalisir pelanggaran disiplin dengan alasan klasik semisal masih perlu tambahan kesejateraan di keluarganya.

“Sesuai Perbup agar kinerjanya meningkat,”pungkasnya. (dik/ham)

pemimpin umum kanalindonesia.com, caleg provinsi no urut 2, dapil jatim 9, Partai Perindo
WELAS ARSO