Prihatin Setiap Hujan Banjir, Warga Desa Sumberwudi Turun Bersihkan Parit Bersama-sama

 

Warga mengangkat lumpur dari saluran air yang di duga menjadi sebab tersumbatnya aliran air. Foto: omdik_kanalindonesia.com.

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Pasca Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Lamongan beberapa hari ini, puluhan warga, RT. 02/RW. 02 Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan mengadakan gotong royong membersihkan parit disepanjang jalan di kawasan RT tersebut, Jum’at (22/3/2019).

Busro salah satu warga mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin warga RT. 02/RW.02 Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng dalam rangka menghadapi musim hujan yang selalu memberikan dampak terhadap kawasan RT yang selalu tergenang oleh air hujan.

Dengan semangat kegotongroyongan warga Desa Sumberwudi membersihkan parit di depan rumah warga. Foto: omdik_kanalindonesia.com

“Kami warga RT. 02/RW. 02 butuh solusi dan tindakan jelas ketika wilayah ini setiap kali hujan selalu tergenang hampir 30 sentimeter dengan cara gotong royong membersihkan parit yang berada di depan rumah-rumah warga,” kata Busro.

Lebih lanjut Busro mengatakan, RT 02/RW.02 Desa Sumberwudi ini merupakan wilayah yang paling rendah dibanding dengan RT yang lain jadi ketika ada hujan turun pasti akan timbul genangan. Genangan air tersebut timbul karena kemampuan parit yang kecil untuk menampung volume air kiriman dari wilayah sekitar.

Perlu diketahui, Desa Sumberwudi pada Tahun 2017 sudah mengadakan normalisasi saluran yang ada di pinggiran desa. Dan hasilnya bisa mengurangi volume genangan apabila hujan turun dengan deras.

“Sejak kali desa dibego (normalisasi) dua tahun yang lalu, genangan air di sini tidak sampai berhari-hari. Dulu pernah sampai tiga hari,” terang Busro.

Beberapa pot bunga yang berada di sekitar saluran air dibersihkan. Foto: omdik_kanalindonesia.com

Sementara itu, Lutfi salah satu pemuda RT tersebut menjelaskan, dia bersama warga RT sepakat untuk mengadakan aksi membersihkan parit guna mengurangi genangan air apabila ada hujan turun.

“Saya dari rumah ke rumah untuk mengajak warga agar mau kerja bakti membersihkan parit guna memperlancar saluran air. Dengan kerja seperti pasti hasilnya nyata,” kata Lutfi.

Lutfi pun meminta kepada warga untuk tidak membuang sampah ke parit dan yang paling terpenting termasuk  menjaga kebersihannya.

Jurnalis : omdik/ferry
Kabiro : ferry

WELAS ARSO