Dewan Pertemukan Pihak Bersengketa di Pilkades Serentak

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pertemukan dan  memfasilitasi sengketa Pilkades serentak Bulan Pebruari 2019 yang di Desa  Karanggandu Kecamatan Watulimo dan Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan, bertempat di Aula Gedung DPRD Kabupaten Trenggalek, Senin (25/3).

Samsuri, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Trenggalek yang membidangi bidang hukum dan perundang-undangan menjelaskan, persoalan Pilkades yang terjadi di dua desa yakni di Karanggandu dan Jatiprahu murni persoalan hukum.

“Kita hanya memfasilitasi musyawarah untuk mufakat terkait sengketa Pilkades di dua desa ini,”ungkapnya.

Dikatakannya, proses pilkades di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo yang digugat mengenai dugaan dibakarnya kertas surat suara dan dugaan penggelembungan surat suara merupakan tindakan dugaan melawan hukum.

“Itu sudah ranah hukum  sehingga pengugat harus menempuh PTUN,”katanya.

Terhadap persoalan pilkades Desa Jatiprahu Kecamatan Karangan yang diduga adanya tidak netralnya panitia setempat dengan dugaan tidak disosialisasikannya jadwal pencoblosan, Samsuri berpendapat hal ini tetap murni kasus hukum.

“Tidak hadirnya pemilih di Desa Jatiprahu hampir seribu pemilih orang yang kemudian dituduhkan panitia tidak fair itu juga permasalahan hukum. Silakan gugat ke PTUN Surabaya,” tandasnya.

 

Samsuri menegaskan, pihaknya berharap proses pelantikan kades terpilih agar berjalan sebagaimana mestinya . Lalu bagi yang bersengketa silahkan mengajukan ke pihak  PTUN biar ada kekuatan hukum tetap nantinya.

 

“Kalau proses pelantikan silakan jangan terganggu, toh nanti ada kepetusan hukum dan konsekuensinya hasil dari putusan sidangnya,” lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri, Plt Kepala Dinas PMD, Calon Kades pengugat dari Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo dan warga, Camat Watulimo, Komisi I DPRD Kabupaten Trenggalek, Satpol-PP, dan BPD Karanggandu.

Agus, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo meminta terhadap Plt Kepala Dinas PMD, agar menindaklanjuti permasalahan di desanya karena dalam laporan ditulis, Pilkades di desanya berjalan dengan tertib dan aman.

“Monggo dinas menindaklanjuti,”pungkasnya.(ham)