Air Terjun Grojogan Dikenal dengan Air Terjun Pelang Eksotika Tersendiri

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur, yakni Kabupaten Trenggalek keberadaannya di dunia perpiknikan kurang begitu diperhatikan, padahal Trenggalek menyimpan banyak potensi wisata terutama wisata alam yang kurang terekspos, salah satunya adalah Air Terjun Grojogan Sewu.

Sunyoto, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, air terjun Grojogan Sewu mempunyai nama lain yang lebih terkenal yaitu, Air terjun Pantai Pelang berlokasi di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul. Penamaan tersebut karena letak air terjun tersebut berada di dalam kawasan wisata Pantai Pelang, tepatnya di sebelah barat.

“ Air terjun ini bukan air terjun yang langsung bermuara ke laut, tapi mengalir dulu menjadi sungai kecil, lalu bermuara ke laut. Maka dikenallah air terjun yang berasa tawar ini dengan nama Air Terjun Pelang,”ungkapnya, Senin, (25/3).

Diceritakan Sunyoto, terdapat cerita lokal yang saya dengar bahwa air terjun ini dipercaya masyarakat lokal bisa membuat awet muda seseorang bila mandi disana.

“Banyaklah orang percaya mandi di Air terjun Pelang itu bikin awet muda,”terangnya.

Lanjut dia, awet mudanya dalam arti lain. Awet muda karena efek senang dan bahagia bisa bermain air disini, melepas beban atau mungkin “melarung” beban-beban yang ada di badan supaya terbawa aliran air menuju laut.

“Siapa yang tidak senang bersama teman-teman, orang tersayang piknik ke air terjun seindah itu,”lanjutnya.

Fasilitas yang ada di sekitar air terjun ini cukup lengkap, menurutnya ada tempat sampah di beberapa sudut, ada  tempat salat, juga terdapat beberapa kamar mandi. Terdapat juga papan peringatan yang cukup bagus, memperingatkan “Hati-Hati Licin”.

“Ini  agar pengunjung berhati-hati dan tidak terpeleset, namun sayangnya penempatannya masih perlu dievaluasi ,”tandasnya.

Apalagi masih keterangan Sunyoto, mengunjungi air terjun Grojogan Sewu ini lebih baik saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan memasuki musim kemarau air terjun tetap ada airnya namun debit airnya tidak sebanyak saat musim penghujan.

“Debit airnya yang punya nilai eksotika jika musim hujan akan nampak sekali,”paparnya.

Pengunjung yang berkunjungpun  diharapkan untuk tidak melakukan hal-hal tercela yang merusak alam.

“Semua harus ikut tanggungjawab tentang kebersihan lingkungan wisata itu,”tegasnya.(dik/ham)