Oknum Caleg DPRD Provinsi Dilaporkan ke Polisi, Ini Penyebabnya

Kuasa hukum pelapor saat menunjukkan surat laporan polisi, pada sejumlah jurnalis

JOMBANG,KANALINDONESIA.COM :Oknum calon legeslatif (Caleg) DPRD Jawa Timur berinisial HS dilaporkan oleh rekannya  Hadi Purwanto (44), warga Desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang ke Mapolres Jombang.

 

Hal ini dikarenakan, HS yang juga menjabat sebagai ketua partai politik (Parpol) itu, diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan sebuah unit mobil jenis minibus merk Alphard milik rekannya Hadi Purwanto.

Laporan dugaaan penipuan tersebut dilakukan Hadi Purwanto yang didampingi oleh kuasa hukumnya Edi Haryanto tertanggal, 22 Maret 2019, ke Mapolres Jombang dengan Surat Tanda Terima Lapor Nomor: TBL/90/III/RES.I.II/2019/JATIM RES JBG tentang dugaan tindak pidana Penipuan dan penggelapan satu unit mobil.

“Saya selaku penasehat hukum dari Pelapor, bahwasanya pada hari jumat kemarin secara resmi kita melaporkan seseorang  berinisial HS dengan dugaan pasal penggelapan ataupun penipuan sebagaimana diatur dalam pasal 372 dan 378 KUHP dan klien saya ,” kata Edi pada sejumlah jurnalis, Selasa (26/3/2019).

Masih menurut penjelasan Edi, sebetulnya antara kliennya dengan HS sempat melakukan negoisasi beberapa kali terkait penyelesaian masalah tersebut. HS dengan kliennya sempat menempuh jalur kekeluargaan, namun tidak ada itikad baik dari HS selaku terlapor untuk menyelesaikan permasalahan dengan kliennya.

“Sebelumnya Klien kami sudah melakukan konfirmasi dan klarifikasi kepada terlapor untuk melakukan upaya penyelesaian secara musyawarah dan kekeluargaa namun ketika kita tunggu sampai hari H dan waktu yang sudah dijanjikan sendiri oleh HS tetap tidak ada itikad baik dari HS untuk menyelesaikan permasalahan,” tutur Edi.

Selain itu, Edi mengungkapkan bahwa terlapor HS adalah pimpinan salah satu parpol di Jombang dan merupakan calon legislatif di tingkat Jawa Timur.

“Kebetulan Terlapor adalah pimpinan salah satu partai di Jombang, dan menurut keterangan dari klien saya bahwa Terlapor adalah merupakan calon legeslatif tingkat profinsi Jawa Timur,” tukas Edi.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Azi Pratas Guspitu, membenarkan adanya laporan dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan atas nama pelapor Hadi Purwanto.

“Benar, kami sudah menerima laporan dari saudara Hadi Purwanto, dan untuk selanjutnya segera kami tindak lanjuti,” tukas Azi.(BEN)