Plt Bupati Trenggalek Sampaikan Perintah Salat di Peringatan Isra Miraj 1440 H

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Plt Bupati Trenggalek, Jawa Timur, H Moch Nur Arifin menegaskan Isra miraj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah kali ini menjadikan sarana transformasi spiritual dan sosial guna peningkatan kualitas keimanan dan pelayanan kepada masyarakat bagi Aaparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Trenggalek.

Hal ini diungkapnya dalam peringatan maulid nabi bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Rabu, (27/3).

H Moch Nur Arifin, dalam sambutannya mengatakan, setiap tahunnya pemkab selalu rutin menyelenggarakan kegiatan Isra Miraj sebagai bekal keagamaan bagi ASN di lingkup pemerintahannya.

“Kegiatan ini rutin selalu kita adakan agar mengingatkan para ASN tentang bekerja yang didasari rasa iman dan takwa,”katanya.

Menurutnya, peringatan maulid juga bisa menjadi sarana transformasi spiritual dan sosial dalam peningkatan kualitas keimanan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebagai abdi negara, ASN harus melayani masyarakat, maka dengan mengingat sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW yang telah diyakini sebagai pemimpin umat dengan predikat jujur hendaknya ini menjadi teladan,”tuturnya.

Arifin melanjutkan, peringatan Isra Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam menerima wahyu Allah SWT dan perintah salat yang memang harus di imani oleh seluruh umat muslim.

“Ini tentang wasiat nabi dimana perjalanan Rasullullah Muhammad dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Al Aqsa di Yerusalem, dahulu Medinah kemudian dilanjutkan menuju ke Sidratul Muntaha (Mi’raj) dengan satu hal , masalah kewajiban salat,”lanjutnya.

Ditambahkan dia, tidak hanya kegiatan mengaji, peringatan ini  melainkan kegiatan refreshing hati pasca  kondisi penat karena banyaknya pekerjaan yang dikerjakan.

“Harapannya dengan refreshing hati ini akan mengembalikan kondisi relaksasi sehingga bisa kerja lebih baik lagi,”imbuhnya.

Edy Supriyanto , Ketua Panitia Isara Miraj Pemkab Trenggalek tahun 2019 mengatakan kegiatan ini  mengingatkan dirinya dan seluruh jajarannya di lingkup Pemkab Trenggalek agar dapat terus ingat kepada Allah dan membawa hikmah hidup lebih baik dan lebih baik lagi

“Tauziah oleh KH. Imam Hambali bersama komedian Abah topan intinya mengajak kepada segenap yang hadir untuk memperbaiki iman, jangan pernah  melupakan sejarah, adat istiadat, serta budaya masyarakat Jawa,”terangnya.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan ini mengharapkan hikmah Isra Miraj adalah menunjukkan ke-Mahakuasaan dan kebesaran Allah akan mengangkat derajat setinggi-tingginya hamba-Nya yang ingin mewakafkan dirinya untuk kepentingan agama Allah.

“Hamba Allah yang baik dia tidak akan dikendalikan oleh harta, oleh jabatan, kedudukan sehingga dia tidak menjadi hamba harta,hamba jabatan maupun hamba syahwat,”pungkasnya.(ham)