Efek Mengonsumsi Obat Antibiotik

KANALINDONESIA.COM : Penderita suatu penyakit lebih banyak akan mengkonsumsi obat-obatan untuk segera menyembuhkan dari penyakit yang dideritanya.

Namun ternyata setiap obat-obatan kimia memiliki efek samping untuk tubuh jika kita tak mengkonsumsinya sesuai dengan aturan yang dianjurkan dokter.

Salah satu obat yang berefek samping dan paling sering dikonsumsi adalah antibiotik.

Akibat dari obat kimia antibiotik efek samping yang paling sering dialami antara lain pusing, muntah, mual dan tubuh lemas. Ada juga yang sampai mengalami diare dan masalah pencernaan lain.

Beberapa orang bahkan akan mengalami alergi karena mengonsumsi antibiotik. Penggunaan antibiotik yang terlalu berlebihan juga bisa membuat tubuh jadi kebal akan antibiotik dan lebih rentan terserang penyakit akibat bakteri jahat.

Baca:  Gandeng Dompet Dhuafa, 2,5% Penjualan Sahaja Unilever Disedekahkan

Untuk konsumsi antibiotik memang harus sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan pula berhenti mengonsumsinya sebelum habis. Jika kamu berhenti mengonsumsinya sebelum waktu yang ditentukan, bakteri justru akan mendapatkan kesempatan untuk tumbuh lagi dalam kecepatan yang sangat cepat dan membuat sakit jadi makin parah.

Semakin lama bakteri bertahan dalam tubuh maka bakteri akan resisten terhadap pengaruh antibiotik. Penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan antibiotik juga akhirnya mempengaruhi otak dan mampu menyebabkan depresi serta kecemasan berlebihan.

Jika tak sesuai dengan dosis bakteri malah akan resisten dan penyakit malah bisa semakin parah.