Sambut Wabup Bondowoso dengan Menu Khas Lodho

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Kunjungan kerja Wakil Bupati Bondowoso, Jawa Timur, Irwan Bachtiar Rahmad, ke Kabupaten Trenggalek justru mendapat jamuan istimewa.

Irwan bersama rombongan kaget saat dijamu makan malam bersama di rumah makan Lodho Yusuf di jalan raya Trenggalek-Tulungagung Kilometer 16.

Lodho sendiri merupakan menu kuliner khas daerah Trenggalek yang paling diminati penikmat luar kota bahkan orang asli Trenggalek yang sudah berdomisili di luar kota Tempe Kripik ini.

H Moch Nur Arifin , Plt Bupati Trenggalek  mengatakan kunjungan Wakil Bupati Irwan tersebut terasa istimewa, pasalnya  kunjungan ke Kabupaten Trenggalek adalah dalam rangka studi tiru penanganan permasalahan kemiskinan melalui Program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan dan Kelompok Rentan (GERTAK) yang telah ditetapkan sebagai salah satu program rujukan penanganan kemiskinan.

“Kabupaten Bondowoso ingin belajar banyak tentang GERTAK di Trenggalek,”ucapnya, Kamis, (28/3).

Disela-sela itu, kata dia, perlu dikenalkan makanan khas kita lodho karena kini diyakini menu kuliner berbasis ayam jawa itu paling diburu oleh para pelancong atau pelintas orang bepergian yang melewati Trenggalek.

“Banyak yang lewati Trenggalek terus mampir untuk menikmati lodho,”katanya.

Maka itu, masih menurutnya warung lodho di Trenggalek, tak hanya ditemui di sentra khusus yang menyediakan masakan ini saja, namun jika mau dengan bumbu yang berbeda bisa dimana yang bisa disuka.

“Ada lodho yang dibumbui jahe merah, asem pedas bahkan hanya bumbu yang dipadukan dengan urap-urap beraneka sayuran,”terangnya.

Dari pantauan , Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmad, bersama rombongan disambut langsung oleh Plt. Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin.  Gus Ipin juga mengajak koleganya sesama Kepala Daerah tersebut untuk mencicipi makanan khas Trenggalek, yaitu ayam lodho.

“Saya yakin lodho bisa mendunia seperti tape khas Bondowoso, karena memang jarang ditemui makanan model yang beginian. Selain enak juga bumbunya sedap kangen,”pungkasnya. (ham)