Polisi Bongkar Perdagangan Manusia di Mojokerto

Kapolres Mojokerto Kota, saat lakukan pers rilis

MOJOKERTO,KANALINDONESIA.COM :Satreskrim Polres Mojokerto Kota berhasil membongkar kasus tindak pidana perdagangan orang, Rabu (27/3/2019).

Selain mengamankan tersangka, polisi juga berhasil mengamankan berbagai barang bukti dari sebuah lokasi yang bearad di salah satu hotel di Kota Mojokerto.

“Kita mengamankan tiga orang, pertama adalah tersangka sebagai orang yang memfasilitasi antara si laki-laki dan perempuan. Tersangka ini berprofesi sebagai karyawan di salah satu kafe di Kota Mojokerto,” kata Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono, Jumat (29/3/2019).

Pelaku yakni ED, sedangkan korban yaitu NS, keduanya warga Kota Mojokerto. ED dan NS ini berprofesi sama sebagai pemandu lagu.

Laki-laki hidung belang, lanjut Sigit, memesan kepada tersangka untuk mencarikan wanita yang bisa diajak untuk berkencan.

“Untuk tarifnya Rp 900 ribu untuk sekali kencan. Rp 500 ribu dikasihkan ke korban sedangkan tersangka mengambil Rp 400 ribu. Pelaku menawarkan satu orang wanita saja yaitu korban ini,” papar Sigit.

Dihadapan Kapolres Mojokerto Kota, pelaku dan korban mengaku melakukan semua ini karena terhimpit kondisi perekonomian.

“Tuntutan ekonomi. Tersangka mengaku baru pertama mendapatkan pesanan seperti ini. Transaksinya masih sangat manual,” pungkas orang dengan dua melati di pundaknya ini.

Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 2 ayat (1) UU RI No 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang ancaman hukuman 15 tahu  penjara dan atau pasal 296 KUHP dan atau pasal 506 KUHP dengan ancaman hukuman satu tahun penjara. (BEN)