KH. Said Aqil Siradj Ajak Warga NU di Lamongan Pegang Teguh Ajaran NU Jelang Pilpres

KH. Said Aqil Siradj, Ketua PBNU memberikan sambutan kebangsaannya dalam rangka Harlah NU ke-96 di Stadion Surajaya Lamongan. Foto: omdik_kanalindonesia.com

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Ribuan kader NU Lamongan dan Ratusan kiyai menghadiri acara Istighosah Kubro dalam rangka Harlah (Nahdlatul Ulama) NU yang ke-96 tahun, di Stadion Surajaya Lamongan, Jum’at (29/3/2019) siang.

Acara yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang NU Babat dan Pengurus Cabang NU Lamongan. Acara yang dihadiri oleh ketua PB NU, KH. Said Aqil Siradj tersebut berlangsung dengan lancar. Walau di bawah sinar matahari yang cukup terik, namun ribuan jama’ah dengan setianya duduk memenuhi tribun stadion yang dikenal sebagai kandang Klub Persela itu sampai selesai.

Dalam sambutannya, KH. Said Aqil Siradj, meminta agar seluruh Pimpinan Cabang NU menggelar istighosah di kabupaten masing-masing. “Jadi istighosah yang digelar di setiap (Pengurus Cabang) PC kabupaten masing-masing ini, tujuannya mendoakan bangsa Indonesia agar aman. Rencananya kami ada istighosah di Jakarta tapi dibatalkan. Jadi diminta masing-masing PC NU mengadakan di tempat masing-masing,” jelasnya.

Ribuan warga Nahdliyin di wilayah Kabupaten Lamongan berkumpul di Stadion Surajaya Lamongan dalam rangka Harlah NU. Foto: omdik_kanalindonesia.com

Dalam sambutan kebangsaannya, Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj, meminta kepada seluruh warga Nahdiyin Lamongan agar tetap menjaga persatuan. Ia juga mengimbau mereka agar terus memegang ajaran NU di tengah gejolak politik yang terjadi di Indonesia jelang pemilihan presiden.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada warga nahdiyin Lamongan agar tidak mengikuti jejak sosok-sosok orang Islam yang menganut Islam radikal. Sebab, kata dia, Islam tidak pernah mengajarkan orang-orang yang tidak sepaham dengan orang Islam, untuk dibenci apalagi disebut dengan sebutan kafir. “Jangan sebut kafir, lebih baik kita sebut non muslim saja, jangan sampai kita sebagai warga NU ikut-ikutan dengan mereka yang menganut faham Islam radikal,” katanya.

Bagi warga NU di wilayah Kabupaten Lamongan diminta untuk mendoakan Cawapres nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin agar menang dalam Pilpres 2019 mendatang. “Ini tidak kampanye, tapi kita minta seluruh kiyai NU di Indonesia khususnya Lamongan agar mendoakan kader NU (Ma’ruf Amin) menang Pilpres,” singkat dia.

Peserta Istighotsa Kubro berlindung di bawah payung yang sudah disiapkan dari rumah. Foto: omdik_kanalindonesia.com

Selain dihadiri Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj, nampak juga putri mendiang mantan Presiden RI KH Abdul Rahman Wahid, Yeni Wahid, Nusron Wahid, dan ratusan kiyai dari Lamongan.

Jurnalis : omdik/ferry
Kabiro : ferry mosses