Bupati Janji Berantas Pungli serta Ajak Masyarakat Pro-aktif

Bupati Jombang Nyono
Bupati Jombang Nyono

KANALINDONESIA.COM : Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko geram dengan adanya praktek pungutuan liar (pungli) yang kian marak dan membuat pelayanan masyarakat menjadi terganggu. Dengan serius nampaknya orang nomer 1 di kota santri ini ingin memberantas praktek pungli yang dilakukan oleh oknum di birokrasi. Bupati berjanji akan menindak tegas anak buahnya jika melakukan praktik kotor tersebut.

Bupati Jombang menuturkan bahwa pihaknya melakukan pengawasan secara ketat kepada seluruh bawahannya dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak), selain itu bupati juga berharap peran serta masyarakat untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dari pungli, dengan cara melaporkan kepada pihak yang berwenang ataupun pada bupati secara langsung.

“Tindakan pengawasan terus kita lakukan. Namun kami juga berharap masyarakat pro-aktif. Jika ada praktik pungli segera laporkan. Ini saya buka nomer pengaduan, langsung ke ponsel saya, yakni nomer 081335777777,” ungkapnya.(01/11/2016)

Masih menurut Nyono, memang ada sejumlah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Jombang yang kerap rawan adanya pungli. Seperti pelayanan perijinan, pelayanan administrasi kependudukan maupun pelayanan uji kir dan kesemuannya itu perlu diberantas. Masyarakat bisa secara langsung menghubungi nomer pengaduan ke HP bupati.

“Sekali lagi, semua masyarakat bisa kirim laporan lewat sms atau WhatsApp ke HP saya. Karena praktik pungli bisa menghambat pelayanan masyarakat. Harus kita berantas. Saya sudah koordinasi dengan bapak Kajari, bapak Kapolres,” pungkasnya.(elo)