Kasum TNI Buka Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI 2016

kasum-tni-buka-kejurnas-atletik-piala-panglima-tni-2016KANALINDONESIA.COM : Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke IV Tahun 2016 di Stadion Atletik Padjadjaran Bandung, Jawa Barat, Selasa (01/11/2016).

Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke IV Tahun 2016 yang dilaksanakan dari tanggal 1 s.d. 3 November 2016adalah sebagai wujud kesadaran dan komitmen TNI dalam membangkitkan semangat mengembangkan cabang olahraga atletik di Indonesia.

Sebagai prajurit TNI disamping melaksanakan tugas, juga diwajibkan untuk senantiasa memelihara kebugaran fisik serta kesehatan lahir dan bathin.

Dalam amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Kasum TNI menyampaikan bahwa, Kejurnas Atletik ini merupakan sarana yang sangat baik dalam menjaring atlet-atlet yang handal dan sekaligus mendukung program pemerintah dalam peningkatan prestasi olahraga atletik menuju persiapan ajang pesta olahraga Asian Games tahun 2018.

“Kepada para peserta Kejurnas Atletik diharapkan agar melaksanakan perlombaan secara fairplay dengan menjunjung tinggi kejujuran dan sportifitas sesuai peraturan yang berlaku,” katanya.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menekankan bahwa, tingkat kesiapan seorang atlet merupakan syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan prestasi terbaik, dalam setiap perlombaan yang dihadapi, mulai dari kesiapan teknik, taktis, strategi dan fisik maupun psikologis.

Diakhir sambutannya Panglima TNI memerintahkan kepada para Kepala Staf  Angkatan atau yang mewakili dan para Pembina olahraga atletik di seluruh Indonesia untuk tetap membina terus atlet-atlet yang berprestasi, karena pembinaan harus terus menerus dilakukan agar prestasi atlet dapat meningkat dan mencapai  prestasi terbaik serta jadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan.

Kejurnas Atletik Piala Panglima TNI Terbuka ke IV Tahun 2016 diikuti oleh 379 orang atlet (243 putra dan 136 putri) terdiri dari Kontingen TNI 56 atlet (38 orang PAAD, 9 orang PAAL dan 9 orang PAAU), Kontingen Kotama 111 orang atlet, Kontingen Gabungan Pengurus Provinsi 56 orang atlet, Kontingen Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pendidikan Latihan Mahasiswa (PPLM) 109 orang atlet serta Kontingen Gabungan Pengurus Cabang 47 orang atlet. Pada Kejurnas Atletik juga melibatkan official 37 orang, wasit dan juri 165 orang serta pendukung 115 orang.

Adapun Materi lomba sebagai berikut: Nomor untuk putra dan putri 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, 1500 meter, 5000 meter, 10.000 meter, Nomor 4 x 100 meter, 4 x 400 meter, Nomor Lompat Jauh putra putri, Lompat Jangkit putra putri, Nomor Lempar Lembing, Nomor Tolak Peluru, Nomor 3000 meter Halang Rintang putra putri, Nomor 110 Meter Gawang putra, 100 meter gawang putri, serta Nomor 400 Gawang putra dan putri.

Juara yang diperebutkan yaitu juara I, II, dan III di masing-masing Nomor Putra dan Putri serta Juara Umum. Medali yang diperebutkan sejumlah 132 medali terdiri dari Perorangan 28 Emas, 28 Perak, dan 28 Perunggu serta Beregu Estafet putra putri 16 Emas, 16 Perak, 16 Perunggu. Hadiah Nomor Perorangan Emas 3 juta, Perak 2 juta, Perunggu 1 juta dan untuk Beregu Estafet Emas 6 juta, Perak 4 juta dan Perunggu 3 juta.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bayu P., Wadan Sesko TNI Marsda TNI Asnam Mukidir, Pangdam III/Slw Mayjen TNI M. Herindra, Kapolda Jabar Irjen Polisi Bambang Wasito, Pengurus KONI Pusat  Laksda TNI (Purn) serta pejabat Mabes TNI dan Angkatan.

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI