Sukabumi, Kanalindonesia.com – Sebagai Organisasi Masyarakat (Ormas) yang telah sukses membangun UKM dan Pendidikan sejak tahun 2005, hari ini Ketua Umum Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), H. Ayep Zaki, S.E., memberikan paparan tentang bagaimana Membangun Kemandirian dan Dukungan Ormas Dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sukabumi di Caldera Kec. Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.

Adapun acara pemberdayaan ormas yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kab. Sukabumi tersebut bertujuan untuk mempersatukan seluruh ormas-ormas Kab. Sukabumi bagaimana membangun perekonomian di Kab Sukabumi khususnya pada sektor pertanian, peternakan, perikanan.

Di hadapan seluruh perwakilan ormas Kab. Sukabumi tersebut, Ayep Zaki berbagi pengalaman bagaimana membangun dan membina UKM dan Pendidikan secara mandiri sejak tahun 2005 hingga saat ini berhasil membina 253 UKM dan 22 Satuan Pendidikan di sebaran 29 Provinsi dan 86 Kota/Kabupaten di Indonesia, serta membangun beberapa kampung tangguh.

Selain itu, Ayep Zaki menyampaikan bahwa kunci sukses dalam membangun wirausaha adalah memiliki relasi yang kuat khususnya dengan pejabat pemerintah setempat seperti yang dilakukan FKDB saat ini yaitu membangun kemitraan dengan pemerintah desa dalam menjalankan program Sukabumi Sehat dan program paroan di wilayah Sukabumi diantaranya Desa Cihanyawar, Pangkalan, Hegarmanah, dan Cidolog.

Hal tersebut dibenarkan oleh Danramil Cikidang, Kapten Inf. Budi yang juga turut hadir dalam acara tersebut. Beliau mengatakan bahwa seluruh ormas yang ada di Kab. Sukabumi harus bersinergi dengan TNI ataupun dengan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan pembangunan perekonomian di Kab. Sukabumi ini.

“Saya Ketua Umum FKDB akan terus mengawal program pemberdayaan ekonomi yang akan dijalankan oleh ormas-ormas yang ada di Kab. Sukabumi,” tutup Ayep Zaki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here