SURABAYA KANALINDONESIA.COM – Perayaan Hari Lahir (Harlah) ke 23 PKB tanggal 23 Juli 2021 bersamaan dengan kondisi Indonesia yang tidak baik-baik saja. Tingginya kasus wabah covid-19 di Indonesia menjadikan aktivitas sosial-ekonomi masyarakat dan agenda-agenda kepartaian terganggu karena adanya pembatasan kegiatan yang berpotensi dapat menyebabkan penyebaran covid-19. Selain sejumlah sektor ekonomi masyarakat juga terganggu.

Anik Maslachah, Sekretaris DPW PKB Jawa Timur menyebutk kondisi yang demikian itu menjadi motivasi semangat kader-kader DPW PKB Jawa Timur untuk bisa bangkit sebagaimana tema Harlah 23 PKB, “PKB Aksi Melayani Indonesia”. “DPW PKB Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan, aksi kemanusiaan dan berbagai lomba yang mendukung tumbuh kembangnya potensi kreativitas anak muda di Jawa Timur,” jelas Anik, Jumat (23/7/2021).

Beberapa rangkaian Harlah PKB 23 Tahun adalah Aksi kemanusiaan bertajuk PKB AMI (Aksi Melayani Isolasi mandiri. Kegiatan tersebut berbagi 20 ribu paket sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid-19. Warga yang sudah sadar melakukan isolasi harus didukung dan mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah atau pun dari masyarakat. Dukungan dan perhatian tersebut diantaranya adanya jaminan pemenuhan kebutuhan pokok mereka selama isolasi mandiri, sehingga ada rasa aman bagi mereka menjalaninya. “Paket Sembako PKB AMI ini akan diantar langsung ke-rumah-rumah warga yang sudah terdata oleh kader-kader PKB, relawan, tukang becak dan ojek online di masing-masing DPC PKB kabupaten/kota di Jawa Timur,” urai Anik.

Wakil Ketua DPRD JAwa Timur ini sebelumnya juga telah melakukan Penyembelihan 1000 ekor hewan kurban berupa sapi dan kambing. Penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha selain kewajiban bagi muslim dan tradisi di PKB, penyembelihan 1000 hewan kurban sebagai wujud syukur Harlah PKB ke 23 yang juga bersamaan perayaan hari raya kurban. “Penyembelihan hewan kurban tersebut dilaksanakan di kantor DPC PKB, masjid, mushola, basis konstituen anggota fraksi PKB dan daerah yang berada di bawah garis kesejahteraan,” terang politisi asli Sidoarjo ini.

Rangkaian kegiatan Harlah berikutnya adalah Lomba Musabaqoh Kitab Kuning khusus para santri yang telah dimulai sejak 28 Juni – 23 Juli 2021 secara online. Lomba tersebut dipilih karena ada 1,7 juta santri di Jawa Timur yang perlu diapreasisi melalui kompetisi. Kemudian, Lomba game atau e-sport mobile legends untuk anak-anak millenial sejak 11 Juni dan Final 2 Agustus 2021 mendatang. Lomba tersebut diikuti 512 tim dengan total 3.090 peserta dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur. “DPW PKB Jawa Timur ingin turut serta mencatak atlet-atlet e-sport profesional, khususnya saat ini di game mobile legends dan sejenisnya,” terang Anik.

Rangkaian lainnya adalah menggelar Lomba video kreatif dan tik tok challenge. Kreativitas remaja dan anak muda masa kini dalam dunia media sosial perlu didukung dan diarahkan dihargai kreativitasnya. Lomba video kreatif dengan tema kearifan lokal diharapkan mampu meningkatan kreativitas dan memiliki nilai jual di dunia perkontenan media sosial.
Rangkaian Harlah 23 Tahun PKB ini akan ditutup dengna Doa dan kataman Al-quran. Khataman al-quran diselenggarakan di masing-masing DPC PKB dan dikediaman anggota Fraksi PKB se-Jatim serentak secara online. Dari 369 anggota fraksi PKB se-Jatim, 38 DPC PKB dan DPW PKB Jatim , masing-masing dengan peserta 30 orang. Sehingga total khataman Al-quran PKB Jawa Timur pada tanggal 23 Juli pukul 12:30 WIB akan diikuti sebanyak 12.240 orang. “Doa dan kataman Al-quran sebagai bagian dari ikhtiar kader PKB untuk keselamatan bangsa dan pandemi segera berakhir,” pungkas Anik sembari menginformasikan jika PKB juga menggelar Vaksinasi gratis untuk warga di setiap DPC seluruh Jawa Timur. nang

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here