​Napak Tilas Panglima Jenderal Sudirman TNI turunkan 1 SSK 


KANALINDONESIA.COM : Pada momentum peringatan Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 di Kabupaten Pacitan, KNPI gelar napak tilas route Panglima Jenderal Sudirman, pada,Senin (7/11/2016).
Sebelum napak tilas digelar, Kol.Inf. Piek Budiakto, Danrem 081/ DSJ. Madiun menyerahkan replika tandu itu kepada Bupati Indartato lantas dilangsungkan ke Ketua KNPI yang diikuti puluhan ormas sekabupaten Pacitan,pada Minggu (6/11/2016)

Menurut penjelasan Kol.Inf. Piek Budiakto, Danrem 081/ DSJ. Madiun ” kegiatan napak tilas ini tidak semata-mata hanya jalan kaki saja, akan tetapi harus kita hayati bagaimana nenek moyang para pejuang kita merebut bangsa Indonesia dengan jalan kaki, selain itu Panglima Jenderal Sudirman  tatkala sakit pun tak gentar menghadapi peperangan. Untuk itu para generasi muda harus mengikuti jejak Panglima Jenderal Sudirman tanpa pamrih dan harus menjaga NKRI ini tetap utuh,” jelasnya.

Kol.Inf.Piek Budiakto menambahkan, untuk kegiatan napak tilas ini kita mengikut sertakan TNI 1 SSK dan diikuti puluhan Ormas dan elemen masyarakat lain, diharapkan napak tilas ini bisa kita ambil makna nilai perjuangan serta sejarah bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Untuk kegiatan napak tilas dimulai 7 hingga 10 Nopember dengan menempuh jarak kurang lebih 79 km dari Desa Klepu, Kecamatan Sudimoro.

Perjalanan napak tilas berlangsung estafet selama 4 hari melalui medan yang sama persis ketika Pak Dirman memimpin perjuangan gerilya di Pacitan.

Di akhir perjalanan di monumen sejarah Panglima Besar Jenderal Soedirman, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan.

Dalam sejarahnya, perjuangan Jenderal Soedirman juga pernah memimpin perang gerilya dan singgah Kecamatan  Kabupaten Pacitan.

Untuk mengenang jasa dan sejarah, di bukit Gandrung Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan telah dibangun monumen sejarah Panglima Besar Jenderal Soedirman yang menjulang tinggi.(Bc)