Komisi IV DPRD Kabupaten Pacitan, Berharap Pemkab Prioritaskan Anggaran Jalan Rusak di 12 Kecamatan

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Komisi IV DPRD Kabupaten Pacitan meminta Pemkab Pacitan serius memperbaiki jalan kabupaten yang rusak. Pasalnya, masih banyak titik ruas jalan yang rusak berjtahun-tahun dan sampai sekarang juga diperbaiki.

“Jalan rusak di kabupaten Pacitan ini harus memerlukan perhatian khusus, seperti di jalur penghubung antar Kecamatan, Desa serta antar Kabupaten perlu perbaikan,” terang Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Pacitan, Lancur Susanto.Sos .

Kerusakan di jalan tersebut banyak jalan cor yang berlubang dan besinya terlihat. Sementara keseluruhan ruas jalan kabupaten banyak yang rusak parah, akibat bencana alam pada tahun 2017 kemarin.

Lancur Susanto berharap, Kerusakan jalan antar kecamatan ataupun jalan desa yang kewenangan Pemkab masih banyak jalan yang rusak parah tersebut agar dapat secepatnya diperbaiki setiap tahun. Caranya dengan menganggarkan dana perbaikan jalan yang mencukupi pada APBD.

Selama ini lanjut Lancur Susanto, Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) lebih fokus pada program pembuatan drainase dan perbaikan jalan wilayah kota saja. Sedangkan perbaikan di wilayah pedesaan masih banyak jalan rusak yang belum tersentuh perbaikan.

“Oleh karena itu kami meminta Bupati Pacitan agar fokus pada perbaikan jalan jalan yang rusak agar perekonimian masyarakat bisa meningkat,” ujarnya.

Terlebih, masa jabatan bupati hanya tersisa dua tahun ke depan karena akan berakhir pada 2021 mendatang.

Lancur Susanto menambahkan, Pemkab harus ada keberanian mengganggarkan secara PRIRORITAS untuk membangunan dan Pemeliharaan Jalan Kabupaten. Memang sampai saat ini Jalan kabupaten masih banyak kondisinya baik dalam angka sekitar 61%, akan tetapi kondisi jalan kabupaten di wilayah pedesaan kondisinya sangat memprihatinkan, terutama jalan yg menghubungkan antar kecamatan dan antar kabupaten. Hal ini sangat dirasakan setiap Tahun masih selalu dikeluhkan masyarakat dgn kondisi rusaknya jalan tersebut.

” Anggaran perlu dicari, baik minta bantuan Ke Pemprop maupun dari Pusat. jika hanya berharap dengan APBD saja tentunya tidak cukup ” apalagi saat ini melihat kondisi jalan diwilayah pacitan khususnya pedesaan benar-benar sangat memprihatinkan,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Pacitan Indartato menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, karena masih terdapat jalan kabupaten yang memang kondisinya belum baik atau rusak dan belum tertangani.

“Jadi, jalan-jalan ( kabupaten ) yang memang belum ditangani pemeliharaannya, saya mohon maaf kepada masyarakat,” ujar Bupati.

Indartato juga berharapan, semua jalan kabupaten bisa di aspal dengan baik atau ada pemeliharaan. Akan tetapi karena terbatasnya anggaran yang dimiliki, sehingga pemeliharaan jalan tersebut dilakukan secara bertahap.

“Yang jelas ingin saya itu segera semua diaspal, tapi karena kemampuan anggaran yang kita punyai, sehingga secara bertahap. Bagaimana caranya lubang-lubang ini bisa kita benahi. Mudah-mudahan apa yang telah diprogamkan segera terealisasi. Dana-dana ini kan belum ditender sebagian, sehingga masalah yang kita hadapi adalah itu,” ungkapnya.

Indartato menambahkan, sebenarnya Pemkab Pacitan telah berupaya semaksimal mungkin, bagaimana caranya jalan-jalan di poros kabupaten tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat Pacitan khususnya.

“Tapi kendala yang kita hadapi dana yang tersedia terbatas, sehingga ada skala prioritas. Hanya masalahnya kadang-kadang cuma terlalu lama juga menanti, jadi kalau rakyat menghendaki segera diaspal adalah hal yang wajar, karena tugas pemerintah melayani masyarakat,” imbuhnya, tanpa menyebut jumlah besaran anggaran. (Bc)