Ketua Dewan Trenggalek Semangati Generasi Muda di Harkitnas

Samsul Anam Ketua DPRD Kab Trenggalek(nomor 2 dari kanan) usai ikuti upacara tabur bunga dalam rangka Harkitnas di TMP Karangsuko
Samsul Anam Ketua DPRD Kab Trenggalek(nomor 2 dari kanan) usai ikuti upacara tabur bunga dalam rangka Harkitnas di TMP Karangsuko

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: H Samsul Anam,Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menyemangati generasi muda khususnya di Trenggalek untuk bangkit dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)tahun 2019.

Menurutnya, generasi muda harus melanjutkan cita-cita pendiri bangsa dan bisa merajut tali persatuan dan kesatuan demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disampaikan politisi asal PKB ini usai melakukan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Karangsuko, Senin,(20/5).
“Hari Kebangkitan Nasional mengandung harapan agar kebangkitan itu muncul dan lebih spektakuler bukan untuk diperingati saja tetapi harus dimaknai sebagai bekal kehidupan kesehariannya,”ungkapnya.

Dikatakannya, semua generasi muda untuk melanjutkan dan mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, dikarenakan mempertahankan itu jauh lebih berat dari pada meraih kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

“Tentu sekarang ini generasi muda harus mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif dan mampu mengembangkan diri mereka,”tuturnya.
Dilanjutkan Samsul, dari tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga Indonesia mampu menjadi negara yang berdaulat karena nafas serta semangat perjuangan para pemuda dari berbagai suku, agama dan ras.

“Peran pemuda seperti Jong Java, Jong Celebes, dan jong jong yang lain di seluruh nusantara mampu merebut kemerdekaan ini,”lanjutnya.

Untuk itu Samsul Anam ingin agar pemuda di Trenggalek bisa meneladani semangat persatuan dan kesatuan dari pemuda pendahulu seperti Boedi Oetomo dan kawan-kawannya yang bisa memberikan karyanya demi bangsa Indonesia.

“Sekarang pemuda harus mampu menjawab tantangan zaman dengan kreatifitas dan tidak menyerah dengan keadaan,”tandasnya.

Bentuk kreatifitas, inovasi dan semangat belajar, masih keterangan Samsul akan bermuara kepada daya saing sumberdaya yang kini memasuki era global.

“Eranya telah masuk di globalisasi jadi SDM pemuda harus siap,”terangnya.

Samsul mengajak para pemuda di Trenggalek untuk meneladani jejak Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat madani.Sebab momentum penting itu berbarengan dengan pelaksanaan bulan Ramadan 1440 Hijriyah Tahun 2019 Masehi.

“Teladan Nabi menjunjung nilai kemanusiaan. Saat ini situasi bangsa menunjukkan ada keretakan, untuk itu perlu tekad untuk menegakkan Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kepada segenap bangsa ini agar bersatu,” pungkasnya.(ham)