Rutan Ponorogo Menerima Layaran Napi Narkoba dari Lapas Medaeng

salah satu ruangan lapas kelas IIB Ponorogo( foto dok)
salah satu ruangan lapas kelas IIB Ponorogo

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Rutan kelas IIB Ponorogo mendapat kiriman atau layaran 30 narapidana narkoba dari Lapas Medaeng, Sidoarjo.

“Ada kiriman 1 bis berisi 30 orang tahanan narkoba yang dikirimkan oleh Lapas Medaeng, Sidoarjo  ke Rutan kelas IIB Ponorogo,”ucap Kepala Rutan Kelas IIB Ponorogo, Hendro Susilo.

Dikatakan Hendro, layaran ini dilakukan karena Lapas Medaeng Sidoarjo sudah mengalami over kapasitas . Sehingga sebagian tahanan mereka dititipkan di Rutan Kelas II B Ponorogo dalam proses pembinaannya .

“Tentus saja dengan layaran ini tingkat pengamanan di  Rutan semakin ditingkatkan. Hal ini untuk menjaga keamanan, ketertiban dan membuat situasi tetap kondusif,”imbuh Hendro.

Berdasarkan data dari Rutan kelas IIB Ponorogo, selama tahun 2018- 2019  ini   Rutan Ponorogo telah mendapatkan layaran tahanan narkoba dari Lapas Medaeng sebanyak 7 bis.

Hendro Susilo mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang memikirkan   penempatan yang pas untuk 30 narapidana narkoba tersebt.

Pasalnya Rutan Ponorogo saat ini juga mengalami over kapastias . Dari kapasitas sesungguhnya sebanyak 105 Napi, sekarang dihuni hamper 400 Napi. Sehingga Rutan Ponorogo sekarang ini juga mengalami over kapasitas mencapai 200 %.

“Kondisi di Rutan Ponorogo sampai saat ini masih tetap kondusuif. Karena kami selalu melakukan pembinaan yang tidak keluar dari SOP, dimana petugas memberikan pembinaan kepada warga binaan dengan tetap memenuhi hak-hak warga binaan , kewajiban dan larangannya untuk pembinaan watak manusia yang lebih baik,”pungkas Hendro.(KI-13)