Jelang Idul Fitri Polsek Tugu Trenggalek Tingkatkan Keamanan

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COML: Dalam rangka antisipasi gangguan kamtibmas menghadapi bulan Suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1440 Hijriyah Tahun 2019 Masehi, Polres Trenggalek, Polda Jatim melalui Polsek Tugu melaksanakan giat operasi kendaraan bermotor (Ranmor) baik jenis roda dua (R2) maupun roda empat (R4), Minggu (26/05/2019) malam.

Operasi kali ini dipimpin langsung Kapolsek Tugu Iptu Bambang Purwanto, diikuti beberapa anggota Polsek dan Polres Trenggalek .
Iptu Bambang Purwanto mengatakan,operasi yang digelarnya merupkan perintah langsung Kapolres AKBP Didit Bambang Wibowo, agar ada upaya pencegahan dini segala tindak kejahatan menjelang perayaan Idul Fitri.

“Kita resmi mendapat perintah pimpinan agar antisipasi keamanan menjelang Idul Fitri,”ucapnya.

Gelaran operasi Cipta Kondisi (Cipkon) yang dilakukannya meliputi beberapa razia unsur yang dapat mengganggu keamanan diantaranya Miras, Narkoba, Sajam, Senpi, Curat, Curas, Curanmor, Anirat, Premanisme dan Petasan illegal.

“Dengan cara pengecekan Ranmor R2 dan R4, seperti barang bawaan dan benda-benda yang mencurigakan, di depan Polsek Tugu dan 4 rayon Polsek lainnya,”ungkapnya.

Dari pantauan Awak media, selama kegiatan berlangsung tidak ditemukan benda-benda yang mencurigakan.

“Alhamdulillah, untuk tindak kejahatan tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya, dan Cipkon malam ini pengecekan R4 tidak ditemukan benda berbahaya dan mencurigakan,” ucap IPTU Bambang Purwanto.
Dikatakan Bambang pasca pelaksanaan stasioner ini, akan ditindaklanjuti dengan melaksanakan patroli sekala besar yang dibantu oleh TNI.

“Operasi gabungan tujuannya untuk menciptakan situasi aman dan kondusif. Dan melibatkan TNI supaya bisa antisipasi bila ada unsur hukum lain yang terlibat,”tegasnya.

Sementara pola rayonisasi patroli Polsek itu diharapkan ada gerakan bersambang ke masyarakat yang kemungkinan masih belum istirahat atau masih terjaga di rumah-rumah di kampung-kampung, di perumahan atau pun di poskamling. Didatangi untuk diberikan himbauan dan disampaikan menjelang lebaran idul Fitri.

“Himbauan apabila masyarakat pada saat Idul Fitri pergi mudik atau meninggalkan rumah, kuncinya bisa dititip di Polsek terdekat atau di Polres, juga kendaraan roda duanya,”harapnya.
Begitu pula jangan meninggalkan barang berharga di rumah yang ditinggal itu, di cek kembali apa yang seharusnya dikunci gandakan.

“Jangan sampai rumah tidak dikunci, yang artinya bagaimana untuk mengurangi minat calon pelaku,” pungkasnya. (ays/ham)