Cawagub DKI Jakarta Ziarah Ke Makam Pahlawan di Jombang


KANALINDONESIA.COM Calon Wakil Gubernur( Cawagub) DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama rombongan menyambangi Pondok Pesantren Tebuireng untuk berziarah ke makam Presiden RI Keempat KH Abbdurrahman Wahid (Gus Dur), pahlawan nasional KH Hasyim Asary dan KH Wahid Hasyim, Jumat (11/11/2016). 

Djarot Saiful Hidayat mengatakan kunjungan ke beberapa tempat di Jawa Timur ini untuk memperingati hari pahlawan, sekaligus merefleksi jasa-jasa pahlawan atas perjuangannya terhadap bangsa Indonesia, serta memahami nilai nilai perjuangan para pahlawan.


Tujuan ke Pondok Pesantren Tebuireng ini adalah bentuk pemahaman kita bahwa didunia pesantren inilah awal mula pembelajaran sikap toleransi antar sesama dan menumbuhkan jiwa gotong royong serta kerjasama. 

“Kita tahu hari pahlawan itu tidak bisa dilepaskan dengan resolusi jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari, untuk itu saat inilah saat yang tepat guna merefleksi mendalami dan memahami nilai – nilai kepahlawanan,” Jelasnya.

Djarot menilai dunia pesantren ini mampu mencetak orang orang besar, masyarakat jangan menganggap remeh dunia pesantren, lantaran telah mampu mencetak orang-orang sukses dan mandiri.

Karena pendidikan kemandirian dan kerjasamalah menjadi dasar pendidikan di pesantren.

” Kita sama-sama tahu di dunia pesantren ini lahirlah tokoh-tokoh besar Nasional dan internasional, Mulai dari KH Hasim Asyari, KH Wahid Hasyim, serta beberapa ulama besar juga yang lahir dipesantren,” Ujarnya.

Djarot menampik kunjungannya ke Tebuireng ini berkaitan dengan politik dan menarik simpatik warga nahdliyin.

“Pilkadanya kan di DKI,  jadi tidak ada hubungannya, jadi tidak usah dikait-kaitkan, ini murni untuk memperingati hari pahlawan, dengan melakukan ziarah kebangsaan dan tidak ada sangkut pautnya dengan Pilkada DKI Jakarta,” ucap Djarot kepada kanalindonesia.con usai berziarah dan berdoa di komplek makam Pesantren Tebuireng, Jonbang.

Djarot juga enggan berkomentar banyak terkait persoalan dugaan penistaan agama yang melibatkan pasangannnya dalam Pilkada DKI yakni Basuki Tjahaja Purnama yang saat ini tengah diproses oleh aparat penegak hukum.

Diketahui, Dajrot Saiful Hidayat merupakan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Petahana berpasangan dengan Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama. 

Djarot Saiful Hidayat melakukan Ziaran Kebangsaan di Jawa Timur. Ziarah akan berlangsung Kamis (10/11/2016) sampai Sabtu (12/11/2016) di beberapa tempat yang ada di jawa Timur antara lain,  Malang, Blitar, Jombang dan Surabaya.