Dewan Trenggalek Segera Bentuk Panlih Wabup Sisa Masa Jabatan

Abu Mansur Sekretaris DPRD Kab. Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, segera membentuk Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati Trenggalek sisa masa jabatan tahun 2016-2021.

Sesuai amanat pasal 28 peraturan DPRD Kabupaten Trenggalek Nomor 1 Tahun 2018 tentang tata Tertib DPRD setempat.

Abu Mansur Sekretaris DPRD Kabupaten Trenggalek menjelaskan usai rapat paripurna DPRD tentang pengumuman kekosongan kursi wabup beberapa hari yang lalu, pihaknya telah melakukan rapat konsultasi dengan unsur pimpinan DPRD dan para pimpinan Fraksi.

“Pasca paripurna kita telah adakan lagi rapat konsultasi antar pimpinan di DPRD Trenggalek,”ucapnya, Rabu,(12/6).

Hasilnya, masih dilanjutkan Abu Mansur, diputuskan membentuk Panlih yang beranggotakan unsur pimpinan dan masing-masing fraksi diwakili satu orang yang menjadi anggota Panlih.

“Masing-masing fraksi mengirimkan wakilnya sebagai anggota Panlih wabup sisa masa jabatan,”lanjutnya.

Sementara, batasan waktu yang harus disampaikan nama-namanya, Abu Mansur menerangkan, tepat hari ini, Rabu,(12/6) harus telah tertera di mejanya agar bisa sesuai jadwal definitif Wabup Trenggalek telah didapatkan.

“Hari ini memang terakhir nama-nama calon anggota Panlih dari fraksi harus sudah ada untuk mempercepat proses pemilihan wabup,”tegasnya.

Kemudian , masih disampaikan Dia, secara global panlih akan menyurati bupati agar menyodorkan nama calon wabup setelah panlih menggodok sejumlah persyaratan calon.

“Calon nanti diusulkan bupati untuk diproses panlih,”katanya.

Sementara, surat dari Bupati tentang pengajuan calon bisa lebih dari dua nama.

“Bisa lebih dari dua nama,” tegasnya.

Sebelumnya, pasca dilantiknya H Moch Nur Arifin, Plt Bupati Trenggalek, Jawa Timur , menjadi Bupati Trenggalek definitif, pada Selasa,(28/6). Kemudian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek, menggelar sidang Paripurna dengan agenda Pengumuman Kekosongan Kursi Wakil Bupati Trenggalek, Jumat, (31/5).(ham)