PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko didampingi Wakil Bupati Lisdyarita dan OPD terkait mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir(TPA) sampah yang berada di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Selasa(01/06/2021).

Kang Giri mengatakan, bahwasanya sampah merupakan masalah pelik di setiap kota. Namun, dirinya mempunyai trik jitu untuk mengatasinya dengan pengelolaan sampah secara maksimalkan dan bisa dimanfaatkan.

Kepada awak media, Kang Giri mengatakan masalah sampah yang menggunung di TPA Mrican ini harus ada solusi, misal sampah yang datang puluhan ton dan yang bisa digunakan hanya beberapa ini akan menjadi tidak seimbang. Maka harus ada solusi untuk mengatasinya agar bisa menjadi manfaat dan memiliki nilai ekonomi.

Di TPA yang berada di timur kota itu, rombongan melihat langsung kondisi tempat pembuangan akhir sampah. Termasuk, upaya pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

“Akan dikembangkan, dan dikemas dalam bentuk plastik, pupuk organik dan bahan kertas maupun yang lain,”ucap Kang Giri.

Disebutkan Kang Giri, nantinya sampah-sampah tersebut akan dipilah dan akan menghasilkan olahan seperti plastik hasil daur ulang sampah, pemilahan biji plastik, hingga kompos organik, kertas maupun yang lain dan bisa berguna untuk masyarakat.

“Sampah merupakan masalah di setiap daerah, maka dari itu sampah yang menggunung di TPA Mrican nantinya dapat dipilah dan mudah-mudahan akan berhasil serta bisa dimanfaatkan,”tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here