Ketupat Raksasa Jadi Magnet Penarik Wisatawan Pantai Talang Siring Pamekasan

Dua Ketupat Raksasa di Event Festival Ketupat di Tempat Wisata Pantai Talang Siring Kabupaten Pamekasan

PAMEKASAN, KANALINDONESIA.COM
Perayaan hari raya raya ketupat di penghujung hari raya idhul fitrih 1440 H H + 7 tahun ini, di wisata Pantai Talang Siring Desa Montok, Kec. Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menjadi berbeda karena lebih unik dari tahun sebelumnya. Ini mempertimbangkan, ada dua buah ketupat raksasa yang menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjungi kelokasi tempat wisata tersebut.

Dua buah ketupat raksasa yang menjadi magnet penarik para turis lokal maupun dari luar daerah di tempat wisata pantai talang siring itu, sengaja diadakan oleh panitia penyelenggara kegiatan festival lokal.

Tujuannya, adalah untuk melestarikan budaya lokal hingga temurun “perayaraan lebaran ketupat pada H + 7 Hari Raya Idul Fitrih 1440 Hijriyah” yang dulu biasa dirayakan oleh meriah, kini sudah terkikis oleh jaman yang sudah moderen.

“Festival ketupat raksasa ini, dirancang untuk menarik minat para wisatawan lokal maupun dari luar negeri. Akan tetapi dikhususkan sebagai pendukung, untuk melestarikan budaya lebaran ketupat di Madura khusus di Kabupaten Pamekasan,” kata Halifaturrahman, Kabid Parawisata Disparbud Pamekasan, kamis (13/06 / 19).

Pantai Talang Siring yang merupakan salah satu destinasi wisata Kabupaten Pamekasan, saat ini tengah terus dikembangkan agar bisa mendongkrak ekononi masyarakat sekitar serta bisa menambah PAD Kabupaten lokal. Meningkatkan, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor wisata di kabupaten Pamekasan. (IFA / NANG).