Warga Madiun Temukan Mortir Dipenampungan Rosok


KANALINDONESIA.COM Septian Heri (25) warga RT 14/RW 1 Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, menemukan mortir didalam tumpukan barang-barang bekas atau rosokan, Senin(14/11/2016).

“Saya saat membongkar rosokan, melihat benda berwarna biru. Lalu, saya amati benda itu, saya yakin itu mortir dan mengontak Babinsa Glonggong (Serda) Sumali. Tidak lama berselang Babinsa datang memastikan benda itu mortir dan diamalkan,” jelas Septian.

Saat ditimbang, ortir berwarna biru memliki berat sekitar 10 kg dan ukuran panjang 55 cm. Babinsa meminta keterangan kepada pemilik pengepulan rosok. Begitu mengetahui benda itu mortir, selanjutnya diamankan. Lalu, temuan dilaporkan ke jajaran diatas dari Koramil dan Kodim 0803 Madiun.

“Keterangan pemilik rosok, benda itu didapat dari penyetor rosok sekitar 2 tahun. Pemilik tidak ingat lagi dari siapa benda itu diperoleh. Bahkan, benda sempat dikirim ke pabrik besi di Surabaya satu minggu lalu. Namun, dikembalikan dengan alasan pabrik tidak berani mengolah benda itu,” jelas Dandim 0803 Madiun Letkol Inf Rachman Fikri.

Ia mengatakan atas temuan mortir itu, agar diamankan dengan hati-hati. “Saya perintahkan agar anggota ekstra hati-hati dalam memindahkan mortir, jika membahayakan meminta bantuan Detasemen Peralatan (Denpal) 05-12-01/Madiun,” ujar Dandim Madiun lagi.