Begaimana Cara SPBU Nakal di Ponorogo Oplos BBM Hingga Disegel Polisi

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum yang berada di Desa Bangunrejo, Kecamatan Sukorejo kedapatan mengoplos Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis biosolar dengan premium dan terakhir dicampur dengan pertamax.

Dengan hasil akhir dijual seharga pertamax kepada konsumen.

Dari pengakuan karyawan SPBU yang berada di jalan raya Sukorejo-Sampung tersebut, sebelumnya pelaku sudah menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk pengoplosan yang diantaranya paralon, selang dan tandon khusus yang sengaja disiapkan untuk mengoplos.

Pengoplosan sendiri dilakukan pada saat dini hari ketika SPBU sudah tutup untuk dijual keesokan harinya.

BBM yang dicampurkan yaitu biosolar sebanyak 500 liter dicampur dengan premium sebanyak 15.000 liter. Kemudian dicampur lagi dengan 15.000 liter pertamax.

Dari hasil akhir pengoplosan tersebut diperoleh 15.500 liter BBM yang dijual kepada konsumen dengan harga pertamax.

“Menurut laporan warga, SPBU yang tutup aktifitas sekitar pukul 21.00 WIB. Kedua pelaku, A dan D sekitar pukul 01.00 WIB dinihari melakukan pencampuran,”ucap Kasatreskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko.

Polisi yang mendapati laporan dari warga pun segera melakukan pengintaian guna memastikan kegiatan yang mencurigakan tersebut. Alhasil, polisi mengamankan dua pelaku untuk dibawa ke Mapolres Ponorogo dan dimintai keterangan guna pengembangan kasus.

“Sementara SPBU kami segel dan dilarang beroperasi hingga proses penyelidikan selesai,” tegasnya.