Termakan Janji, Puluhan Warga Akhirnya Gruduk Gedung Dewan

termakan-janji-puluhan-warga-akhirnya-gruduk-gedung-dewanKANALINDONESIA.COM : Termakan janji pejabat yang akan mempekerjakan di RS. Gambiran 2, puluhan warga Kelurahan Bence Kota Kediri mendatangi gedung DPRD Kota Kediri, Senin (14/11/2016).

Mereka menuntut hak kompensasi atas pembangunan RSUD Gambiran 2 Kota Kediri dan Janji Pemkot Kediri Era Walikota Samsul Ashar yang akan mempekerjakan para Warga Kelurahan Bence. Sayangnya, kedatangan puluhan warga ini hanya ditemui anggota Komisi A DPRD Kota Kediri, lantaran Komisi C yang membidangi masalah tersebut sedang melakukan pembahasan Badan Anggaran (Banggar) di Solo.

Koordinator warga RW 5 Kelurahan Bence, Kota Kediri, Khamid mengatakan pembangunan RSUD Gambiran 2 sudah hampir selesai, maka kompensasi terakhir dari pembangunan itu harus terwujud. “Kita mengadu ke dewan agar dapat membantu kami dan mengingatkan pihak Pemkot Kediri atas janjinya yang dulu pernah diberikan pada kami,” ujarnya saat berada di gedung dewan.

Ia menjelaskan, dalam pembangunan RSUD Gambiran 2, pada tahun 2009 lalu, Pemkot Kediri berjanji memberikan beberapa kompensasi. Diantaranya, pengadaan bansos, pengadaan bantuan non fisik maupun fisik seperti kios, gedung dan uang bagi warga terdampak serta mempekerjakan warga sebagai karyawan rumah sakit.

“Dulu beberapa kompensasi ini sudah diberikan pemkot dengan total mencapai sebesar Rp 4 miliar. Dan yang terakhir kompensasi dengan mempekerjakan warga sebagai karyawan jika pembangunan rumah sakit sudah selesai, kompensasi ini yang kita tagih ke Pemkot Kediri,” tegasnya.

Saat berada di gedung DPRD Kota Kediri, sekitar pukul 13.00 WIB, sebanyak 10 warga ini ditemui Ketua Komisi A DPRD Kota Kediri, Hariyanto. Dalam pertemuan itu, warga memberikan surat permintaan kepada dewan untuk segera mengagendakan hearing antara warga dengan pihak Pemkot Kediri.

“Saya belum bisa menjawab masalah ini, saat ini kita hanya bisa menerima surat warga itu. Sebab, Komisi A sedang diluar kota, nanti jika sudah datang maka surat ini akan diteruskan ke Komisi A yang kemudian dijadwalkan untuk hearingnya,” jelas Hariyanto, Ketua Komisi A DPRD Kota Kediri. (G.Marmoyo)