Delegasi MSDE ke-9 Kembali ke Negaranya Masing-masing

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Delegasi The 9th Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) and Law of the Sea Course terlihat satu per satu meninggalkan hotel dan menuju ke bandara untuk kembali ke negaranya masing-masing, Jumat (21/6/2019).
Terhitung sebanyak 16 negara perwakilan coast guard di Kawasan Asia Pasifik, hadir dalam forum ini. Negara-negara tersebut antara lain: Indonesia, Australia, Bangladesh, Kamboja, Jepang, Laos, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Papua Nugini, Filipina, Sri Lanka, Singapura, Korea Selatan, Timor Leste, dan Turki.
Delegasi dari Korea Coast Guard misalnya. Assistant Director for International Cooperation Bureau, Korea Coast Guard Senior Inspector Yun Ki Seong akan segera meninggalkan Jakarta. Terlihat Analis Kerja Sama Sub-Direktorat Kerja Sama Internasional Bakamla Lettu Bakamla Citra Dewi Lestari, turut serta mendampingi.
Selepas melaksanakan MSDE ke-9, yang meliputi kegiatan bertukar ilmu dan pengalaman dalam mencari solusi permasalahan terhadap skenario-skenario yang disusun oleh fasilitator, para peserta terlihat produktif dalam menyampaikan ide dan sudut pandangnya.
Materi-materi yang diberikan oleh fasilitator dianggap cukup mewakili trend keamanan dan keselamatan laut di kawasan Asia Pasifik saat ini. Terlebih lagi pada saat syndicate group discussion dan pada sesi-sesi lainnya dalam rangkaian kegiatan MSDE ke-9.
Dengan berakhirnya kegiatan ini, Ketua Panitia MSDE ke-9 Kolonel Bakamla Salim beserta seluruh jajarannya berharap para peserta dapat membawa pulang pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.
Tidak hanya itu, hubungan personal yang dibangun selama berlangsungnya kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan nilai tambah dan kenangan tersendiri selama berlangsungnya kegiatan ini di Jakarta, Indonesia.
Sejalan dengan pesan Kepala Bakamla saat mengakhiri kegiatan ini, segenap jajaran panitia MSDE ke-9 berharap seluruh delegasi pulang dengan selamat dan menikmati perjalanan yang menyenangkan.