Bupati Trenggalek Ingin ICF Jadi Agenda Rutin

TRENGGALEK,KANALINDONESIA.COM: H Moch Nur Arifin, Bupati Trenggalek, Jawa Timur, menegaskan Indonesia Climbing Festival yang digelar di lokasi tebing gunung Sepikul, Kecamatan Watulimo, akan dilaksanakan menjadi agenda rutin.

Pasalnya pelaksanaan ICF yang baru pertama kali dilaksanakan di Trenggalek dengan waktu dua hari mulai Jumat(21/06/2019)-Sabtu (22/06/2019) dinilai cukup berhasil.

“Peserta ICF sendiri diikuti, selain dari Trenggalek, juga banyak dari luar daerah. Bahkan mulai dari pemula hingga professional,” ungkap Moch Nur Arifin, Minggu (23/06/2019).

Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan event nasional yang diselenggarakan pertama kali di Trenggalek.

“Melihat pelaksanaan festival ini dan kedepan jika akan dijadikan festival tahunan,”tuturnya.

Pemkab Trenggalek siap untuk memfasilitasi agar kegiatan ini lebih besar.

“Selain olah raga panjat tebing, ada juga potensi wisata tebing, itu yang akan dikembangkan,”tegasnya.

Perencanaan kedepan, masih keterangan Arifin, nanti akan tetap dibahas, karena ternyata di Kecamatan Watulimo ini masih banyak sekali potensi spot yang bagus.

“Mulai dari tebing, goa, air terjun, mangrove bahkan pantai mulai dari yang pasir putih dan lainnya,” tuturnya.

Selanjutnya, pihaknya menginginkan wilayah itu menjadi paket lengkap untuk para wisatawan agar bisa wisata di Watulimo dengan banyak pilihan.

“Ketika telah dipromosikan spot wisatanya, bahkan wisatawan sudah pasti dan melakukan wisata ke Trenggalek, namun mereka sering bertanya dimana tempat menginapnya,”tanya balik Arifin.

Pemkab juga telah berupaya menggagas lelang investor.

“Membangun hotelnya sendiri, juga membutuhkan waktu paling tidak tiga tahun baru bisa di tempati,” tuturnya.

Jadi, dari permasalahan yang ada untuk sementara akan di perbanyak tenda di tebing atau camp di berbagai spot wisata, bahkan akan di sediakan mobil caravan.

“Wisatawan bisa sewa mobil sekaligus tempat tidurnya. Selain itu juga akan dimaksimalkan spot yang telah dilengkapi MCK dan tempat tidur,”pungkasnya.(ham)