Cegah Penyebaran Lebih Luas, Dinkes  Pacitan Isolasi  Pasien   Hepatitis A

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Pacitan Dr.Eko Budiono
Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Pacitan Dr.Eko Budiono

PACITAN, KANALINDONESIA.COM; Dinas Kesehatan ( Dinkes) Pacitan mengisolasi puluhan pasien  pederita hepatitis A di sejumlah wilayah di Kabupaten Pacitan.

Langkah ini merupakan salah satu kebijakan yang diambil oleh Dinas Kesehatan Pacitan untuk mencegah penyebaran lebih luas virus hepatitis A yang sekarang ini mewabah di Kabupaten Pacitan.

Data terakhir pada Senin(24/06/2019) Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Pacitan menyebutkan sudah ada 503 orang warga Pacitan yang teridentifikasi positif menderita penyakithepatitis A yang sebelumnya ditularkan oleh makanan tersebut.

Namun sekarang ini penularan virus hepatitis A sudah bergeser, karena mobilitas penderita yang tinggi sehingga menjadi faktor penular langsung.

Dari 503 warga yang teridentifikasi menderita penyakit hepatitis A  ini, sekarang ini ada sejumlah pasien yang diisolasi di sejumlah Puskesmas. Diantarannya 40 orang dirawat intensif diislolasi  di Puskesmas Ngadirojo, di Puskesmas Tulakan 12 orang, dan lainnya di sejumlah rumah sakit baik swasta maupaun pemerintah .

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Pacitan Dr.Eko Budiono mengakui penularan pertama dari makanan, sekarang dari orang ke orang, bahkan informasi terakhir virus hepatitis A ini sudah menular ke warga Ngrayun Kabupaten Ponorogo dan warga  Tugu, Kecamatan Trenggalek.

Dokter Eko Budiono menjelaskan,”selain melakukan isolasi terhadap pasien sudah kuning dengan mengistirahatkan di Puskesmas sampai gejalannya turun,”ucapnya.