Wabub Kartika, Pengentasan ODGJ Di Lamongan Semakin Maju

(Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP Memberikan Apresiasi kepada salah satu ODGJ di Acara pemeran kerajinan Karya ODGJ Yang Di Selenggarakan Dinas Kesehatan). Foto_Fer

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Program pengentasan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Lamongan, Jawa Timur, Nampak semakin terlihat maju dengan pengobatan dan teknologi medis dengan pemanfaatan Yoga dan Akupresur.

Pengobatan dan teknologi medis di Lamongan terus memperlihatkan kemajuan bukan berarti harus meninggalkan tanaman obat keluarga Toga dan Akupresur. Itulah yang ingin ditekankan pada acara Festival Asuhan Mandiri dan Pemanfaatan Toga dan Akupresur pada Rabu kemarin (26/6/2019).

“Saya sendiri berharap agar budidaya toga tetap dipertahankan dan dapat dimanfaatkan untuk perkembangan perekonomian masyarakat. Selain itu tentunya juga bermanfaat untuk kesehatan masyarakat, ” Jelas Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP.

Dengan adanya kreatif olahan toga, Kartika memberikan apresiasi kepada warga Lamongan yang telah memberikan ide-ide kreatif dengan menciptakan terobosan yang sangat bermanfaat bagi ODGJ.

“Senang sekali bisa melihat banyak stand dengan olahan toga yang kreatif sekali. Semakin bangga dengan warga Lamongan yang menyimpan banyak ide luar biasa, ” kata Wabub Kartika.

Kreatifitas yang di pamerkan dalam stand tersebut, Wabub Kartika memborong sejumlah kerajinan diantaranya tas, sarung tenun karya lesung si panji.

“Alhasil, saya pun memborong hasil kerajinan tas dan sarung tenun karya Lesung si Panji di stand Kesehatan Jiwa Lamongan. Buat yang belum tahu, Lesung Si Panji adalah singkatan dari Lenyapkan Pasung Memanusiakan Pasien Jiwa yang merupakan program dari Lamongan untuk memanusiakan orang dengan gangguan jiwa, ” tambahnya.

Pujian demi pujian diberikan kepada pasien ODGJ yang memiliki semangat dalam mengkreativitaskan berbagai macam kerajinan. Dengan begitu, ODGJ di Lamongan akan pulih seutuhnya menjadi warga biasa dengan segala kreativitasnya.

“Bravo Lamongan! Kebaikan seperti ini harus kita bagikan kepada siapapun, terutama orang-orang yang membutuhkan agar mereka tidak merasa minder, dan lebih dihargai, ” ucap Kartika.

Wabub Kartika berharap, program pemerintah dalam pengentasan ODGJ di Lamongan Sukses seratus persen hingga tidak ada lagi ODGJ yang di pasung.

Jurnalis : Omdik/Ferry

Kabiro    : Ferry Mosses