Ciptakan Alat Tepat Guna, Polisi Trenggalek ini Jadikan Rumah Janda Miskin Nikmati Aliran Listrik

pemasangan alat tepat guna solar cell oleh anggota Polres Trenggalek
pemasangan alat tepat guna solar cell untuk warga miskin oleh anggota Polres Trenggalek

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Tak hanya bertugas dengan berseragam Polri, satu anggota Kepolisian Resort (Polres) Trenggalek, Jawa Timur ini mampu menciptakan alat teknologi tepat guna solar cell yang sangat bermanfaat bagi warga miskin dan belum terjangkau jaringan PLN.

Anggota Polres Trenggalek yang cukup kreatif dan peduli dengan masyarakat miskin tersebut adalah Aiptu Widarto yang kini menjadi perbincangan warga.

Ditangan dingin dan trampilnya Ia mampu merakit alat yang sederhana yaitu solar cell dan cukup hemat biaya.

Sehingga mampu menerangi rumah janda miskin di sudut Kabupaten Trenggalek yang jauh dari wilayah perkotaan.

Tidak hanya sekedar merakit, Aiptu Widarto yang saat ini menjabat sebagai kepala Seksi Teknologi Informatka(Kasitipol) ini juga memodifikasi peralatan pabrikan sehingga memudahkan aplikasi dan hemat biaya, misalnya regulator yang diubah sehingga arus dari panel listrik jadi arus searah dan langsung berfungsi untuk mengisi aki.

Untuk merakit solar cell karya macgyver Polres Trenggalek ini diperlukan biaya total sekitar tiga juta rupiah komplit dengan lampu kabel aki serta rangkaian solar cell termasuk ongkos pemasangannya.

“Polres trenggalek sengaja memberikan bantuan solar cell untuk warga miskin dengan kategori yang sudah ditentukan,”ucap Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S.

Ditambahkanya, selama ini Polres Trenggalek sudah memasang 4 unit solar cell di wilayah Trenggalek dan rencananya akan memasang 14 titik solar sell di lokasi yang berbeda.

Tentu saja pemberian solar sell bagi warga miskin disambut suka cita warga, karena sudah puluhan tahun warga miskin di sejumlah wilayah Trenggalek belum bisa menikmati aliran listrik dan jika ada harus menyalur dari sejumlah tetangga karena latar belakang ekonomi.

“Jadi ini merupakan wujud kepedulian dari kami, serta sebagai bentuk nyata dalam mendekatkan diri Polri dengan masyarakat,”pungkas AKBP Didit Bambang Wibowo S.(ris)