Peringati Hari ke 73 Bhayangkara, Polres Trenggalek Ziarah ke Makam Pahlawan

TRENGGALEK,KANALINDONESIA.COM: Memperingati Hari ke 73 Bhayangkara, Polres Trenggalek, Polda Jawa Timur, menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Trenggalek yang berada di Karangsoko dan makam Kapolres Trenggalek pertama AKP R. Roestamadji di komplek pemakaman Setono Gedong Kelurahan Ngantru Trenggalek,Senin (01/07/2019).

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. dan diikuti pula oleh pejabat utama, pengurus Bhayangkari Cabang Trenggalek dan para purnawirawan Polri yang tergabung dalam organisasi PP Polri Kabupaten Trenggalek.
AKBP Didit mengatakan, upacara ziarah merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, termasuk didalamnya adalah sejarah perjalanan panjang Polri hingga menjadi seperti sekarang ini.

“Keberadaan Polri tak bisa lepas dari sejarah perjuangan para Pahlawan. Kita sebagai generasi penerus wajib mengisinya dengan memberikan pengabdian terbaik sesuai peran dan tugas masing-masing,”ucapnya.

Sementara itu, terhadap sosok almarhum AKP Roestamadji yang merupakan Kapolres pertama di Trenggalek, AKBP Didit mengungkapkan kekagumannya.

Menurutnya, AKP R. Roestamdji adalah sosok pejuang yang sangat memperhatikan rasa keadilan. Kiprahnya telah membuktikan perjuangan Polri di Trenggalek dan hasilnya masih bisa dilihat dan dinikmati hingga saat ini.

“Jika membaca sejarahnya, peran AKP Roestamadji sangat besar dalam membangun Kepolisian di Trenggalek. Itu sebabnya, setiap peringatan hari Bhayangkara, kegiatannya termasuk ziarah ke makam beliau ini,”imbuhnya.
Bahkan, untuk mengenang jasa-jasa Roestamadji, ruang VIP yang ada di Mapolres Trenggalek diberi nama ruang R. Roestamadji.

“Insya Alloh nanti akan kita bangun Museum Roestamadji,”pungkasnya.(ham)